Gandeng Psikolog dan Polresta Demi Berantas Tingginya Angka Kecelakaan

by baritopost
0 comment 2 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Ratusan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari terima materi khusus mengenai kampanye Rafety Riding yang di Aula Mastur Jahri, Senin.

Maraknya aksi ugal-ugalan menjadi salah satu faktor pendukung tingginya angka kecelakaan. Sebagai aksi afirmatif demi mengurangi pertambahan kasus, seringkali bentuk penangan tak cukup sebatas undang-undang lalu lintas saja. Namun berupa seminar berisi materi yang mendukung.

“Safety Riding sudah jadi kegiatan rutin dimana kita memberikan materi keselamatan berkendara kepada lingkungan akademis. Bilamana, pelajar dan mahasiswa menjadi salah satu golongan penyumbang pengendara motor yang jumlahnya cukup banyak.”, ujar Yoga Prabowo PIC Safety Riding Honda Trio Motor.

Kegiatan ini digelar dengan metode santai dan interaktif. Materi yang disampaikan berupa tiga pokok bahasan, yakni, Regulasi Emosi saat Berkendara oleh Psikolog Panji Andhika Pratama, M.Psi, Aturan Hukum Berlalu Lintas oleh Aiptu Budiono, S.H., M.H., dan Materi Safety Riding oleh Yoga Prabowo PIC Safety Riding PT Trio Motor.

BACA JUGA: Polresta Banjarmasin Bagikan Sembako kepada Warga Tak Mampu

“Mungkin selama ini sikap hati-hati hanya dibebankan kepada pengendara depan. Namun ini pula berlaku kepada pengendara yang yang dibonceng. Dari sini kita coba beri contoh-contoh yang sebenarnya sangat mudah dikerjakan. Asalkan kepeduliannya terlebih dulu muncul. Safety Riding sangat sederhana dan mudah untuk diterapkan. Sesederhana meng-klik helm dan menggunakan sarung tangan dan baju berlengan panjang,” ucap Yoga

Selain daripada itu, jelasnya, postur berkendara yang baik dan benar, cara membawa barang dengan aman serta kewajiban untuk memiliki SIM menjadi salah satu poin yang disampaikan.

Kegiatan ini ditanggapi antusias oleh mahasiswa UIN Antasari. “Sebenarnya saya sudah sering lihat rambu dan merasa saya selama ini berkendara dengan aman-aman saja, tapi ternyata ada banyak sekali yang harus diperhatikan. Saya merasa ilmunya sangat bisa diterapkan,” tutur salah satu mahasiswi Eliyana.

Dengan kampanye #Cari_aman yang terus-menerus digaungkan, PT. Trio Motor ingin memberikan bukti nyata atas kepedulian terhadap ketertiban pengendara saat berlalu lintas.

Penulis : Afdi

You may also like

Leave a Comment