oleh

Disdik Banjarmasin Pastikan UN Diganti Ujian Sekolah

Banjarmasin, BARITO – Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto memastikan pihaknya mematuhi surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang meniadakan ujian nasional (UN) tahun ini, yang masih diwarnai tingginya penularan Covid-19. Dengan demikian, kelulusan siswa ditentukan oleh ujian sekolah.
Dia mengatakan, sesuai surat edaran Kementerian Pendidikkan dan Kebudayaan RI Nomor 1 tahun 2021 yang ditandatangani pada 1 Februari, disebutkan UN ditiadakan diganti ujian sekolah.

Untuk menentukan kelulusan siswa pada tahun ini, imbuh dia, ada disebutkan dalam portofolio. Yakni, pertama keaktifan para siswa mengikuti pelajaran secara daring pada masa pandemi Covid-19 ini.

“Lalu ada ujian sekolah. Memang saat ini jadwalnya belum ada, apakah di bulan April ini. Kta menunggu juga kebijakan selanjutnya karena masa pandemi ini,” paparnya.

Kemudian yang dinilai, lanjut Totok, adalah sikap siswa, terkait dengan pendidikan karakter.

“Selanjutnya prestasi lainnya, seperti O2SN dan lomba-lomba lainnya. Inilah nilai-nilai pertimbangan menentukan anak itu naik kelas atau lulus sekolah,” jelas Totok.

Dia juga mengatakan, usai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Banjarmasin, yang masih berlangsung saat ini, pihaknya merencanakan untuk kembali mencoba pendidikan tatap muka.

Sementara, sebagaimana dikutip Antara, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Zainal Hakim mengharapkan Disdik Banjarmasin bisa melakukan penjadwalan sehingga pelaksanaan ujian kelulusan ini dapat seragam.

“Kita juga berharap pelaksanaan ujian secara tatap muka ada SOP yang jelas tentang teknis pelaksanaannya dan protokol kesehatannya,” ucap Hakim.

Sumber: Antara
Editor: DadangYulistya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed