Diduga Terhirup Uap Sisa Cairan Pembersih, Tiga ABK KM Nidirian Pingsan

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read

Banjarmasin, BARITO – SUASANA pelabuhan Banjar Raya Banjarmasin, Rabu (06/10/2022) malam mendadak geger. Hal ini menyusul pingsannya tiga Anak Buah Kapal (ABK) Kapal KM Nidirian yang sandar  usai bongkar muat ikan laut.

Pingsannya ketiga ABK itu diduga terhirup uap sisa cairan pembersih setelah masuk ke dalam palkah kapal.

Pihak kapal langsung melaporkan kejadian itu kepada Kepala Pos Polisi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Banjar Raya, Aipda Fahruzzaini

Bersama Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT)  Regu II dipimpin Aipda Suhendro, HS dan beserta piket fungsi mendatangi lokasi kejadian.

Mereka pingsan yakni, Aman (32), Awaluddin (25) serta Dayansyah (40)  pingsan.

Aman warga Gang Sekata Kelurahan Pelambuhan Kecamatan  Banjarmasin Barat. Sedangkan Awaluddin   warga Kelurahan Sanjai Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten  Sinjai Sulawesi Selatan.

Sementara Dayansyah, warga Desa Pulantan Kecamatan  Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.

Sedangkan tiga saksi yang menolong korban yakni, Asba (55), Herman (35) dan  Ami (44).

Menurut Asba selaku Kapten kapal mengatakan, mereka datang dan sandar pada Senin (3/10/2022) siang pukul 12.30 Wita.

Setelah bongkar muat selama dua hari dan  selesai pada Rabu malam.

“Setelah kapal kosong, lalu satu ABK membersihkan dalam Palkah kapal, namun malah satu persatu pingan,” sebut warga Jalan  Jend Sudirman No 17 RT 04 Kelurahan  Damai Kecamatan  Balikpapan Kota Balikpapan itu

Baca Juga:
Polisi Gerebek Rumah Warga Teluk Tiram, Sita Sabu 4,23 Gram
Kolonel Chk. Destrio Irvano SH Resmi Jabat Aspidmil Kejati Kalsel

Dijelaskannya, ketika itu korban pingsan bernama Aman. Melihat Aman pingsan lalu Awaludin mau menolong, namun setelah masuk Palkah malah ikut pingsan. Begitu juga Dayansyah pingsan karena tak menggunakan peralatan.

Asba pun segera menolong dibantu dua ABK yakni  Herman dan Ami, Keduanya warga Dusun Kahu Kahu RT 02 Kelurahan Sinjai Kecamatan Sinjai timur Sulawesi Selatan.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Polresta  Banjarmasin, Kompol Aryansyah didampingi Kanit Reskrim Iptu Bagus Syahid FH menyatakan, kejadian  itu sekitar pukul 23.00 Wita. Pihaknya menerima laporan dari masyarakat dan langsung menidaklanjutinya.

“Dari Hasil Olah TKP dan keterangan dari saksi saksi menyatakan, setelah kapal kosong tidak ada muatan rencananya kapal akan dibersihkan oleh Aman. Sedangkan Awaludin dan Dayansyah mau menolong malah ikut pingsan,”bebernya.

Selanjutnya pihak Kepolisian Polsek KPL Banjarmasin dan pekerja di sekitar pelabuhan Banjar Raya melakukan evakuasi korban.  Mereka dibawa ke Rumah Sakit TPT Dr R Soeharsono  untuk mendapatkan perawatan medis.

Kompol Aryansyah menambahkan, kejadian itu dikarenakan para korban terhirup aroma sisa sisa cairan pembersih di dalam palkah.

“Setelah dilakukan tindakan medis dan perawatan di Rumah Sakit, ketiga korban dinyatakan dalam keadaan sehat wal afiat dan diperbolehkan pulang ke rumah masing masing,”pungkas Aryansyah.

Penulis: Arsuma
Editor: Mercurius

You may also like

Leave a Comment