Dewan Inginkan Peningkatan Layanan dan Fasilitas Kelas III di Ulin

by admin
0 comments 2 minutes read

Banjarmasin, BARITO – DPRD Kalimantan Selatan melalui Komisi IV membidangi kesehatan menginginkan adanya peningkatan layanan dan fasilitas di kamar kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin.

Karena itu, Komisi IV diketuai HM Lutfi Saifuddin mengundang manajemen RSUD Ulin Banjarmasin bersama Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS), Senin (2/12/2019) guna membahas peningkatan layanan dan fasilitas tersebut.

Kepada wartawan, Lutfi menuturkan, dari hasil rapat ini kami hari ini bersepakat untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit milik pemerintah provinsi ini, terutama untuk pasien kelas III.

“Kami meminta peningkatan layanan ini diatas dari standar,” sebutnya.

Politisi Gerindra ini mencontohnya, misalnya selama ini kamar kelas III tanpa fasilitas pendingin udara (AC), maka kami minta nantinya kamar kelas III itu dilengkapi fasilitas tersebut.

Lanjutnya, kemudian soal keberadaan para keluarga atau penunggu pasien di kelas III ini, kami minta sikap tegas pihak rumah sakit bahwa mereka hanya diperbolehkan menunggu diluar ruangan, agar dipisah dengan pasien demi kenyaman pasien itu sendiri, karena dikhawatirkan akan memperlambat kesembuhan pasien.

“Kami minta disediakan ruangan khusus bagi para penunggu pasien ini,” kata Lufti.

Dengan kesepakatan ini, imbuhnya, kami di Komisi IV membidangi kesehatan meminta ini harus diterapkan tegas oleh pihak rumah sakit, karena ini hasil dari sidak kami sebelumnya terhadap layanan dan fasilitas di rumah sakit.

Sementara itu Direktur Utama RSUD Ulin Banjarmasin dr Hj Suciati mengungkapkan, pihaknya memang mau membuat agak sedikit berbeda terhadap pelayanan di kelas III ini, sebagaimana saran dan masukan dari Komisi IV yang jadi mitra kami.

“Disepakti nanti secara bertahap kelas III itu pakai AC atau pendingin ruangan dan kebersihannya juga diperhatikan,” ujar Suci.

Kemudian pihaknya juga akan menegakan aturan-aturan bagi keluarga atau tamu pasien yang berkunjung, dimana nantinya diperbolehkan hanya satu orang saja yang menunggu di dalam kamar pasien.

“Peningkatan layanan dan fasilitas seperti AC itu bisa direalisasikan,” ujarnya.

Untuk merealisasikannya, kata Suci, maka itu dilakukan bertahap, misalnya kita coba dulu di lantai satu, sementara di lantai empat semua ruangan sudah pakai AC, tapi ini khusus penyakit kanker, begitu juga dengan layanan pendaftaran pasien secara online, itu sudah diterapkan di RSUD Ulin Banjarmasin.

Penulis : Sopian

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment