oleh

Biddokkes Cek Kesehatan Tahanan Polsek Selatan  

PERIKSA KESEHATAN-Satu persatu tahanan dilakukan pengecekan kesehatan maupun diajak olaraga hingga diberi obat sesuai keluhannya, Selasa siang. (foto:ist)

Banjarmasin, BARITO – Petugas Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Kalsel melakukan pemeriksaan terhadap 17 tahanan di Mapolsekta Banjarmasin Selatan, Senin (10/12) siang. Mereka memeriksa kesehatan, sekaligus memberikan obat bagi tahanan yang mengalami keluhan tahanan selama sel setempat.

Pemeriksaan itu memang rutin dilakukan setiap bulan oleh Dokkes Polda Kalsel, dimana kali ini sebelum petugas memeriksa dan memberikan obat kepada penghuni rutan tahanan terlebih dahulu diajak  olahraga ringan dengan pemanasan berbaris di dalam sel tahanan.

Mereka diajari senam bersama agar badan penghuni rutan menjadi bugar dan selalu sehat. Setelah itu dilakukan pemeriksaan, seperti melakukan tensi. Kalau ada keluhan langsung dari penghuni rutan, seperti batuk atau menderita penyakit kulit, maka petugas Dokkes memberinya obat.

Obat yang diberikan kepada penderita, dititipkan ke penjagaan. Tahanan dapat menggunakannya pada saat jam tertentu (sesuai dengan penggunaan obat), seperti dua kali sehari atau sehari sekali menkonsumsi obat.

Kapolsek Banjarmasin Selatan, Kompol Najamuddin Bustari, Selasa (11/12) didampingi Kanit Reskrim Ipda Rifandi mengatakan pemeriksaan kesehatan bagi semua penghuni rutan dilakukan secara berkala. “Tujuan pemeriksaan itu untuk menjaga stamina selama berada di rutan, sehingga kesehatannya dipantau sejak awal jangan sampai ada yang sakit,”tegasnya. ndy/mr’s

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed