Belajar Optimalisasi Pajak dan Retribusi ke Kota Semarang

Sejumlah awak media di Press Room Kota Banjarmasin dan Diskominfotik Kota Banjarmasin di Kota Semarang.

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Kota Semarang jadi rujukan Pemko Banjarmasin untuk belajar optimalisasi pendapatan asli daerah sektor pajak daerah dan retribusi daerah, Senin- Rabu (27/2/2023)-(1/3/2023).

Tak hanya itu, untuk pemaksimalan publikasi
Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin juga mengajak insan pers yang tergabung dalam Press Room Balaikota Banjarmasin berkunjung ke kota yang khas dengan ikan bandeng itu.

Rombongan Pemerintah Kota Banjarmasin yang dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika, itu disambut langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kota Semarang, Soenarto.

Baca Juga: Pengadaan Lahan Jembatan di Dishub Tabalong juga Seret Calo jadi Terdakwa

Turut hadir juga sejumlah pimpinan dan perwakilan SKPD penghasil PAD di lingkungan Pemko Banjarmasin.

Menurut Windi, rombongan dari Pemko Banjarmasin turut membawa seluruh anggota press room dengan agenda press tour, “Ini adalah kegiatan press room Pemerintah Kota Banjarmasin,

“Kami study tour kesini adalah terkait pengelolaan pajak daerah di Pemko Semarang, jadi kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Pemko Semarang atas penyambutannya,” ucapnya.

Ia memaparkan, terkait pajak daerah memang berdasarkan undang undang daerah nomor 1 tahun 2022 ada beberapa pajak retribusi daerah yang akan ditarik ke pusat, Hal tersebut yang ingin diketahui bagaimana caranya antara lain untuk bisa memaksimalkan PAD Kota Banjarmasin sebagaimana yang dilakukan oleh Kota Semarang.

Sementara itu, Ketua Press Room Balai Kota Banjarmasin, Fahrul Razi mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Dinas Kominfotik Kota Banjarmasin yang sedianya telah membawa seluruh awak media di Balaikota untuk mengkaji dan selanjutnya menyebarluaskan informasi mengenai upaya optimalisasi pajak maupun smart city Kota Banjarmasin.

Baca Juga: Tak Lagi Pakai Mesin, Titik Krisis Air di Sungai Andai Sudah Lancar

“Terima kasih banyak, dengan ini kami mengetahui bagaimana tata kelola PAD di Kota Semarang kemudian pengelolaan smart city juga, sebagai peran media, kami akan mendukung upaya Pemko Banjarmasin dengan sebaik-baiknya,” kata Fahrul.

Ia berharap dengan adanya studi tiru atau kunjungan tersebut, Semoga kekerabatan dan silaturahmi antara insan pers di Balaikota Banjarmasin juga semakin erat, “terimakasih sekali lagi saya ucapkan mewakili kawan-kawan yang tergabung dalam press room Balaikota Banjarmasin ini,” tutupnya.

Penulis : Hamdani

Related posts

Konsulidasi Bawaslu RI dengan Media Sebagai Pilar Demokrasi

PLN IP UBP Barito Perkuat Kesejahteraan Tenaga Kerja dalam Momentum Hari Buruh Menuju Lingkungan Kerja yang Produktif

Cegah Radikalisme, BNPT Gelar Smart Indonesia Bersatu Bangsaku