oleh

Bawaslu Banjarmasin Berbagi Cara Menulis Berita

-Seputar Kalsel-1.316 views

Banjarmasin, BARITO- Pesatnya informasi dan teknologi saat ini, terutama di media online mengharuskan sumberdaya manusia (SDM) jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) khususnya Bawaslu Kota Banjarmasin ikut berbenah,

“Saat ini kita terus berbenah, termasuk dalam hal berbagi informasi kegiatan. Kita akan terus lakukan update berita tentang pengawasan pemilu. Nantinya akan bisa diakses publik melalui media massa,” kata Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, H Muhammad Yasar, Kamis (30/8) di Sekretariat instansi setempat

Yasar yang juga Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Kota Banjarmasin itu menambahkan, untuk kebutuhan di atas, pihaknya perlu membekali ilmu jurnalistik terhadap staf di jajarannya.

Senada dengannya, komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin, Munawar Khalil yang menjadi narasumber kegiatan itu mengatakan,seiring dengan terbentuknya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin, lembaga penyelenggara bidang pengawasan pemilu ini memang terus berbenah dan melakukan konsolidasi guna penguatan organisasi, khususnya untuk peningkatan kapasitas dan skill sumber daya manusianya. Salah satunya dengan berbagi (sharing) pengetahuan jurnalistik, terutama tentang cara menulis berita.

“Bawaslu Kota sebagai kelanjutan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) perlu terus melakukan peningkatan kapasitas SDM, tidak terkecuali dalam hal tulis menulis berita,” kata Munawar yang juga Wakil Koordinator Divisi Organisasi dan SDM.

Karena, lanjut mantan pejabat di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Prov Kalsel itu, , salah satu kebutuhan institusi ini adalah mempublikasikan kegiatan-kegiatannya sekaligus untuk menghimpun data dan informasi.

Dia menambahkan, di awal-awal kerja periode inilah, saat yang tepat melakukan  pembinaan dalam bentuk sharing mengenai tata cara pembuatan berita sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu jurnalistik.

“Kita ingin semua staf bisa menjadi reporter handal meliput kegiatan Bawaslu Kota Banjarmasin sekaligus menuangkan dan menyajikannya ke dalam bentuk berita,” imbuh Munawar.

Menurutnya lagi, publik perlu mengetahui apa saja kegiatan Bawaslu Kota, untuk itu, pihaknya akan terus mempublikasikan kegiatan, baik melalui website milik sendiri, maupun ke media cetak dan media online/media sosial.

Tommy Andrean, salah seorang staf Bawaslu Kota Banjarmasin mengatakan, dirinya bersama kawan-kawan staf lainnya menyambut baik kegiatan tersebut. “Pola seperti ini yang pertama di jajaran kami, dan kami sambut positif, karena ini sangat membantu terhadap peningkatan kapasitas diri,” ujarnya.

Ditambahkan Tommy, ekspose ataupun publikasi suatu kegiatan sangat perlu, karena, lanjutnya, sebanyak apapun kegiatan, dan kegiatan apapun kalau tidak dipublikasikan, maka seakan kegiatan tersebut tidak pernah ada atau tak akan pernah diketahui publik. rel/ahy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed