oleh

Atasi Kemacetan Natal dan Tahun Baru, Satlantas Polresta Banjarmasin Berlakukan Sistem Buka-Tutup

Banjarmasin, BARITO – Jelang pengamanan (PAM) Natal dan Tahun Baru 2019 Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banjarmasin memberlakukan sistem buka dan tutup .Langkah yang dipersiapkan adalah melakukan buka tutup jalan dengan satu kali ke arah masuk dan satu kali ke arah keluar. Pihak Kepolisian juga akan mempersiapkan jalur-jalur alternatif untuk mengatasi kemacetan.

Selain itu, guna menekan angka laka lantas dan tertib dijalan, pihaknya akan menggelar Operasi Lilin Intan mulai 17 Desember 2018.

“Dengan mengacu kegiatan Operasi Zebra tahun 2018 sebelumnya maka diharapkan masyarakat ikut menjaga situasi Kamtibmas. Karena masyarakat banyak berdatangan dari luar daerah ke Banjarmasin, harus berusaha menjari jalan alternatif tak menumpuk ditengah kota hal ini agar tak terjebak macet,” kata Kasat Lantas Polresta Banjarmasin Kompol Wibowo, Jumat (7/12).

Menurut Wibowo, salah satu contoh Jalan Lambung Mangkurat dan Kayutangi hingga Lingkar Dalam juga siring macet. Bagi yang mau melintas dari Banjarbaru Kalteng sebaiknya tak masuk kota Jalan Lingkar Dalam, tapi sebaiknya lewat Lingkar Utara A Yani Km 17 Gambut.

“Sebaiknya masyarakat mencari tempat yang aman untuk keluarga tentukan secara spesifik, atau datang lerbih awal. Dengan demikian tidak terjebak macet dan yang pasti Car Free Night dilakukan di kawasan Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL),” katanya.

Wibowo berharap, masyarakat ketika di jalan membawa kendaraan jangan berlebihan muatan dan selalu memastikan keselamatan helm dan tak ugal-ugalan di jalanan. “Karena tingkat macet terjadi di sekitar KTL Jalan Lambung Mangkurat, warga diminta tertib dan tidak masuk ke dalam gereja disamping Gedung DPRD Kota, kita konsentrasi di sana,”ujarnya.

Menyangkut soal kerawanan di jalan, masyarakat diminta patuhi aturan lalu lintas kalau ingin selamat di Jalan raya. “Misalnya jangan ngebut, tak pakai helm dan pakai ponsel dapat membuat kecelakaan diri sendiri dan orang lain,” tegasnya.

arsuma

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed