oleh

Anggota Patri Capai 1 Juta Warga, Diharapkan Jadi Pelopor Pertanian

Marabahan, BARITO – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Anak Transmigrasi Republik Indonesia (PATRI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Surinto menyatakan, jumlah satu juta anggota, Sabtu (5/6/2021) lalu. Warga trans itu hampir tersebar di kabupaten se Kalsel, karena itu mereka yang berhasil dan menjadi teladan bagi lingkungan wilayah setempat.

“Dari jumlah penduduk Kalsel sekitar 4 Juta orang, satu jutanya dari para transmigrasi yang mengadu nasib di tanah kaya bumi lambung mangkurat ini, “sebutnya didampingi Guntariadi selalu Sekretaris.

Dalam Halal-Bihalal di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala (Batola) itu dia mengajak warga trans mesti menjadi seorang agriprenuership. “Dengan kewirausahaan yang menerapkan inovasi dalam industri pertanian, maka trans dapat berkembang,”harapnya.

Pelaku agripreneurship ini disebut agripreneur diartikan sebagai seorang wirausaha yang bergerak dalam bidang agribisnis. Sehingga menanam pagi jangan ditinggalkan namun lebih pada campur Sari maupun tanaman lain. Seperti jamur porang, vanili dan karet.

Guntariadi menambahkan, agar warga asal trans ini menjadi orang yang sukses dibidangnya. Dengan demikian menjadi suatu kebanggaan bisa balik kampung, asalkan sudah punya aset maupun lahan yang yang bertambah bisa menghasilkan income.

Penulis : Arsuma

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed