oleh

“Akrab Saat Prof HM Kustan Basri Saat Jadi Ketua Kopertis Wilayah XI”

Banjarmasin, BARITO – Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji’un. Salah satu tokoh Universitas Lambung Mangkurat (ULM) meninggal dunia, Senin 29 Maret 2021 pukul 10.00 Wita, Prof Drs. HM Kustan Basri, Rektor ULM periode 1979-1987 dalam usia 86 tahun.

Almarhum dishalatkan terlebih dahulu di Masjid Al Jihad, Jalan Cempaka Besar Banjarmasin dan dimakamkan di alkah keluarga Amandit di Jalan A Yani Km 24, Landasan Ulin, Banjarbaru. Sebelumnya, banyak pelayat bertakziyah dirumah duka di Jalan Brigjen H Hasan Basry, Kayutangi, samping Minimarket Tulip (Glow).

Guru Besar Fakultas Hukum ULM Prof Dr Hadin Muhjad mengaku akrab dengan Prof Drs HM Kustan Basri  saat beliau menjabat Ketua Kopertis Wilayah XI Kalimantan (Saat ini LLDIKTI). “Memang biasanya beliau suka bicara soal -soal politik tapi waktu itu beliau sudah berubah bicara soal filsafat. Kalau soal banua, almarhum tidak setuju dengan istilah banua karena ada enam banua dan beliau juga tak setuju dengan istilah ULM. Ya mau almarhum tetap Unlam,” ujar Prof Dr Hadin Muhjad saat mengenang pembicaan itu.

Tentu, sambung pakar hukum administrasi itu, rupanya sidin mendalami masalah filsafat dalam kita yunior beliau hanya mendengarkan saja apa yang diuraikan beliau. “Itu beberapa kesan yang menarik dari aku,” tambahnya.

“Semoga amal baik beliau diterima di sisi Allah, dan dosa-dosa almarhum diampuni Allah,” tutupnya.

Sekadar diketahui, Prof Drs HM Kustan Basri dikenal sebagai akademisi yang punya pengalaman panjang di dunia akademik. Mengawali karier sebagai dosen Fakultas Ekonomi ULM, hingga menjadi dekan di fakultas yang sama pada periode 1968 hingga 1975.

Pada tahun 1979, mendiang Kustan Basri diangkat sebagai Rektor berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 54/M/1979. Di luar dunia akademik, almarhum Kustan Basri diberikan gelar Datu Cendikia Hikmadiraja Kesultanan Banjar, dan menjadi dewan Yayasan Hasnur Centre. Selain itu, mediang juga aktif di dunia politik, dengan posisi terakhir sebagai Dewan Penasihat DPD Golkar Kalsel.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed