oleh

Akhir Februari Wartawan Divaksin

PWI Kalsel Minta Jatah 500 Vaksin Covid-19

Banjarmasin, BARITO – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan berharap bisa mendapatkan alokasi 500 vaksin bagi wartawan di daerah ini. Presiden Joko Widodo mengatakan, tahap awal pemerintah telah menyiapkan 5.000 dosis vaksin Covid-19 untuk awak media di seluruh Indonesia.

“Saya berharap paling tidak, kita bisa mendapat 500 vaksin pada tahap pertama ini,” ujar Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie  kepada wartawan seusai mengikuti Puncak Peringatan HPN 2021 secara virtual di Sekretariat PWI Kalsel di Banjarmasin,Selasa (9/2).

Untuk itu, Helmie berkirim surat kepada pemerintah, mengusulkan alokasi 500 dosis vaksin Covid-19, khususnya bagi wartawan yang bertugas di lapangan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah telah menyiapkan 5.000 dosis vaksin Covid-19 untuk awak media di Indonesia.

“Sudah kita siapkan kira-kira lima ribu orang untuk bisa divaksin. Ini termasuk pertama. Nanti keluar dari Biofarma 12 juta, kita berikan 5 ribu,” katanya pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang digelar secara langsung dan virtual, Selasa (9/2).

Jokowi menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi untuk wartawan ini akan dilakukan pada akhir Februari sampai dengan Awal Maret 2021. Wartawan atau awak media akan mendapatkan jatah vaksinasi secara gratis.

Sebagaimana dikutip suara.com,  rencana vaksinasi untuk wartawan ini sudah dipastikan dan disampaikan secara langsung oleh Presiden kepada Ketua Dewan Pers, M Nuh.

Sebelumnya, Dewan Pers mendapatkan konfirmasi dari Menteri Kesehatan bahwa pemerintah akan memberikan prioritas vaksinasi Covid-19 untuk wartawan sebanyak 17.800 orang. Pendaftaran program vaksinasi ini terbuka untuk wartawan di seluruh Indonesia melalui asosiasi jurnalis yang terdaftar di Dewan Pers.

“Baru saja Dewan Pers mendapatkan konfirmasi dari Menteri Kesehatan bahwa pemerintah melalui Menteri Kesehatan akan memberikan prioritas vaksinasi untuk 17.800 wartawan,” ujar anggota Dewan Pers Agus Sudibyo di sela-sela kegiatan Hari Pers Nasional 2021 secara daring, Senin (8/2).

Dewan Pers meminta asosiasi jurnalis yang sudah terdaftar seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) segera membuka pendaftaran program vaksinasi ini. Pendaftaran vaksinasi wartawan dibuat klaster per provinsi. Vaksinasi untuk wartawan akan dilaksanakan sekitar pekan ketiga Februari 2021. “Karena kegiatan ini akan dimulai kira-kira pekan ketiga Februari ini untuk 17.800 wartawan dari seluruh Indonesia,” kata Agus.

Di samping itu, Agus juga berharap, insan pers akan kembali mendapatkan prioritas vaksinasi. ‘’Di sisi lain juga, pekerja media tak hanya wartawan, melainkan juga sopir, satpam, maupun staf pemasaran, diharapkan mendapatkan prioritas vaksin setelah petugas medis,’’ ujarnya.

Vaksinasi untuk wartawan dinilai penting karena profesi ini juga memiliki risiko tertular virus corona. Para jurnalis bekerja di lapangan meliput peristiwa dan berhadapan langsung dengan narasumber.tya

Penulis: Gt Frieda Cynthia
Editor : Dadang Yulistya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed