2022 Lalu, Wisatawan Kota Banjarmasin Tembus Sejuta Lebih

by baritopost.co.id
0 comment 1 minutes read

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Pelancong wisata di Kota Banjarmasin tahun ini ditarget optimis semakin meningkat. Hal itu diyakini seiring bertambahnya alternatif wisata di Kota ini dan dicabutnya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, Iwan Fitriadi, sepanjang tahun 2022 lalu pihaknya melakukan pendataan pengunjung wisata. Diluar dugaan, ternyata pengunjung wisatawan mengalami peningkatan diangka 1.180.543.

Baca Juga: Sempat Tinggal 30 Hektar, Kawasan Kumuh Banjarmasin Kembali Jadi 480 Hektar

Bila melihat data tersebut, Iwan yakin 2023 akan lebih meningkat lagi. Apalagi sudah tidak lagi pemberlakuan PPKM.

“Tahun ini optimis pengunjung wisata naik baik itu pengunjung lokal, interlokal maupun manca negara,” ucapnya saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (19/1/2023).

Ia pun menceritakan, peningkatan kunjungan awalnya tak berjalan manis bila melihat data dari Januari hingga Agustus. Namun setelahnya, pengunjung cenderung naik hingga akhir Desember tadi.

Baca Juga: Permintaan Beras Lokal di Banjarmasin Mencapai 40 Ton Pertahunnya

“Kunjungan di tahun 2022 itu sempat mengalami turun naik. Namun jelang akhir tahun angka wisatawan yang berkunjung kian naik,” ujarnya.

Data kunjungan wisatawan itu pun lanjutnya, diperoleh dari hasil survei di lapangan oleh pihaknya melalui hotel-hotel yang ada di Kota Banjarmasin. Tentunya hal itu dilakukan, guna memastikan data kunjungan setiap tahunnya.

“Apalagi di tahun 2023 nanti banyak agenda event yang bisa kita laksanakan, tentu itu bisa memancing para wisatawan untuk datang,” tutupnya.

Penulis: Hamdani

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment