Warung Gratis di Masjid Jami Banjarmasin Sukseskan MTQ Nasional ke-XXIX

by admin
1 comment 2 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Warung kopi dan teh gratis di samping Masjid Jami, Kelurahan Antasan Kecil Timur (AKT), Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, turut menyukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-XXIX di Bumi Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Keberadaan warung kopi dan teh gratis yang didirikan para relawan itu sudah enam bulan lebih untuk melayani jamaah di Masjid Jami Banjarmasin.

Karena halaman Masjid Jami Banjarmasin dijadikan ajang Lomba Tahfid MTQ Nasional tersebut, sehingga diperkirakan banyak warga dan panitia yang datang untuk menyaksikannya.

“Alhamdulilah, kita siap membantu dan menyukseskan ajang nasional ini, karenanya sebanyak 50 relawan bergantian membuatkan kopi dan teh gratis,” sebut Ketua Ikatan Persaudaraan Jamaah Subuh Masjid Jami, Ahmad Syarbini, Selasa (11/10/2022) pagi.

Ia menambahkan, dulu lokasi warung terbuka ini ada di depan masjid, tapi sekarang sudah pindah ke samping.

“Alhamdulilah, banyak bantuan, baik materi maupun logistik untuk warung gratis ini dari pengusaha dan perusahaan,” bebernya.

Syarbini mengungkapkan, dana untuk membuka warung gratis itu tidak mengambil kas masjid, tapi sumbangan dari Ikatan Persaudaraan Jamaah Subuh Masjid Jami.

Ia mengimbau kepada relawan dan warga sekitar terkait dukungan MTQ Nasional ke-XXIX tersebut, agar memperhatikan kebersihan sekitar dan utamakan ramah tamah.

“Tujuannya supaya pengunjung senang datang ke Masjid Jami Banjarmasin ini,” ingatnya didampingi Kapolsek Banjarmasin Utara, Kompol Agus Sugianto.

Seperti diketahui MTQ Nasional ini digelar mulai besok 12-16 Oktober 2022 dan terkait acara ini rencananya akan diberikan bantuan oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin.

Syarbini menyatakan senang banyak yang singgah ke warung gratis yang tepatnya berada di samping BEM STAI, salah satunya pagi itu dari peserta Jawa Timur (Jatim).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Banjarmasin, Alive Yoesfah Love mengatakan, pihaknya menyediakan mobil toilet, satu unit dua pintu untuk pria dan wanita hingga menyediakan petugas di venue Masjid Jami dan Masjid Sabilal Muhtadin.

“Jadi petugas kami ada tiga sip dan masing-masing sip ada lima orang. Kemudian juga menyediakan angkutan sampah,” terangnya.

Sementara untuk kegiatan tanglong malam nanti di Sungai Martapura atau 0 Kilometer, pihaknya mengimbau agar masyarakat menjaga kebersihan.

“Jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan,” pesannya.

Sedangkan DLH Provinsi Kalsel turut menyediakan puluhan tong sampah dan WC mobil serta sabun untuk cuci tangan beserta peralatannya.

Penulis : Arsuma
Editor    : Sophan Sopiandi

You may also like

1 comment

Serapan APBD Banjarmasin Masih Lesu, Baru Terserap 48,23 Persen - Barito Post 11 Oktober 2022 - 17:28

[…] Juga: – Warung Gratis di Masjid Jami Banjarmasin Sukseskan MTQ Nasional ke-XXIX – Warga KBI Tak Sabar Ingin Miliki Jamban […]

Reply

Leave a Comment