oleh

Uniska Wisuda 3.352 Sarjana dan 22 Lulusan Terbaik

Banjarmasin, BARITO – Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari (MAB) mewisuda 3.352 sarjana.

Lulusan terbaik dengan kualitas yudisium dan indek prestasi tertinggi yakni Magister Ilmu Komunikasi (Siti Laela Herlina IPK 4.00), Magister Manajemen (Arkhi Roslia Yuvie IPK 3,97), Magister Administrasi Publik Eddy Supandi IPK 4.00), Mamajemen (Guruh Ramadhan IPK3,97), Peternakan (Noorhidayati Shofi IPK 3,65), Agribisnis (Halimatus Sa’diah IPK 3,88), Teknik Mesin (Muhammad Supianur IPK 3,46), Teknik Sipil (Khairil Padli IPK 3,79), Teknik Elektro (A.Agung Irhandy Pradana IPK 3,37), Teknik Industri (Parhani IPK 3,38), Hukum Ekonomi Syariah (Riztika Nazmi IPK 3,82), Ekonomi Syariah (Anisah Ahla IPK 3,77), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Santi IPK 3,79), Pendidikan Bahasa Inggris (Ni Made Irawinanti IPK 3,86), Bimbingan dan Konseling ( Salsabila Imtimani IPK 3,55), Pendidikan Kimia (Siti Nurimah IPK  3,64), Teknik Informatika (Catur Ridho Arianto Prabowo IPK 3,75), Sistem Informasi (Farida Norlita IPK 3,83) Ilmu Hukum (Madhatillah IPK 3,91), Ilmu Komunikasi (Normadaniyah IPK 3,81), Administrasi Publik (Rizky Saputri IPK 3,81), Kesehatan Masyarakat (Qatrinida IPK 3,95).

Rektor Uniska MAB Prof Abdul Malik menuturkan, kiprah sarjana memberikan cermin institusi Uniska agar bisa diterima masyarakat. Sebab itu, lulusan menjadi pionir, dan mampu mengembangkan diri di dunia kerja. “Meski telah lulus, namun jangan henti belajar di era digital dan tingkatkan literasi digital yang menyebar di dunia maya. Intinya para lulusan harus mampu bersaing di pasar kerja ke depan,” ucapnya saat memberikan sambutan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin dalam Wisuda XLII Tahun 2021, di Hotel Golden Tulip Banjarmasin 15-17 Februari 2021, Senin (15/2/2021).

Ia berharap, ilmu diperoleh dan dibekali di kampus, terutama literasi digital, dapat bersaing di pasar kerja. “Wisuda merupakan prosesi pelepasan dari bangku kuliah dan menjadi alumni Uniska MAB. Dan lulusan Uniska harus mampu mendelivery visi uniska di dunia kerja,” tambahnya.

Abdul Malik mengaku terus membenahi mutu pendidikan agar semakin baik di Uniska MAB, apalagi ditunjang dosen yang memiliki latar belakang doktor, tentu dengan bekal yang diberikan dosen, maka para lulusan bisa lebih mengembangkan diri di tengah masyarakat.

Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Dr H Gusti Irhami optimis wisudawan bisa lebih tangguh dalam menghadapi persaingan. “Saya tidak ingin mencetak 3.352  sarjana justru menambah pengangguran. Kita optimis dan lulusan Uniska menjadi petarung sejati, serta mampy menjadi sarjana sebagai agen perubahan, ” tandasnya.

Hal itu terbukti, sambungnya, dengan kelahiran kampus Uniska MAB lebih dari 42 tahun, tentu memiliki trush dan brand bagus. “Ya, banyak pejabat daerah menjadi alumni Uniska dan menjadi perjalanan hidup para lulusan,” ujarnya.

Bahkan, sebutnya, pada masa pandemi Covid-19, Uniska mampu memberikan lebih dari 6.000 mahasiswa baru.

Ketua LLDIKTI Prof H Udiansyah mengatakan lulusan sarjana hanya tiga persen menjadi wirausaha. Namun, bebernya, dirinya optimis para lulusan Uniska MAB mampu berkembang di tengah masyarakat. “Uniska mampu memberikan yang terbaik bagi lulusan dan alumni. Tak kalah penting, saat pandemi Covid-19, kita juga tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan, termasuk di saat wisuda Uniska MAB ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu pula, Ketua Dewan Penyantun H Sahbirin Noor dalam sambutan tertulisnya mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya wisuda sarjana ke-42 Uniska MAB. “Semoga momentum wisuda ini membangkitkan tekad dan semangat civitas akademika serta para sarjananya, untuk memberikan bakti terbaik bagi almamater, masyarakat dan banua Kalimantan Selatan,” harap Paman Birin yang masa jabatannya sebagai Gubernur Kalsel habis pada 12 Pebruari 2021 ini.

Tercatat kegiatan wisuda sarjana dilaksanakan selama tiga hari, dengan dua sesi setiap hari sesuai protokol kesehatan menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Sesi pertama Senin (15/2/2021) yang diwisuda yaitu PASCASARJANA 105, FKIP 150, FAPERTA 59, FISIP 28, FISIP 360. Sesi kedua, Selasa (16/2/2021) FEKON 650, FEKON 112, FKM 351, FATEK 180. Lalu sesi ketiga Rabu (17/2/2021) FTI 675, FTI 68, FH 503, FSI 89, atau dengan total 3.352.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed