TPID Kalsel dan Kotabaru Gelar Operasi Pasar di Kotabaru

Gerak Cepat dan Aksi Nyata Redam Inflasi

by adm barito2023
2 comments 1 minutes read
TPID Kalsel saat memantau pelaksanaan Operasi Pasar di Kotabaru (Foto:Bank Indonesia Kalsel/Subhan Abdillah)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Pengendalian inflasi membutuhkan gerak cepat dan aksi nyata. Kini, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalsel dan Kabupaten Kotabaru bersinergi menggelar Operasi Pasar Barang Kebutuhan Pokok di Pasar Limbur, Kotabaru, pada 24 – 26 Januari 2023.

Sejumlah barang kebutuhan pokok dijual dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar. Mulai dari beras premium, bawang merah, daging sapi, daging ayam ras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, cabai rawit, telur ayam, dan cabai merah. Tak heran, antusiasme masyarakat tampak begitu tinggi terhadap kegiatan yang dimulai sejak pukul 7 pagi ini.

Pada hari kedua, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel, Wahyu Pratomo, meninjau secara langsung kegiatan operasi pasar.

BACA JUGA: Bank Indonesia Konsisten Dukung Pemulihan Ekonomi Kalsel

“Operasi pasar aksi nyata TPID melindungi masyarakat dari dampak kenaikan harga. Ya, sekaligus bagian strategi pengendalian inflasi dari sisi keterjangkauan harga,” ucapnya disela kegiatan berlangsung.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, Birhasani, turut mendampingi, mengatakan, pihaknya bersama TPID se-Kalsel terus melakukan operasi pasar secara terencana, terukur, relevan, dan tepat sasaran.

Berdasarkan data BPS, inflasi Kabupaten Kotabaru merupakan yang tertinggi di antara seluruh daerah di Indonesia. Tingkat inflasi Kotabaru pada 2022 mencapai 8,65% (year-on-year).

“Operasi pasar sejak dini yang kita lakukan adalah bukti keseriusan dan upaya konkret TPID untuk meredam inflasi,” sebutnya.

BACA JUGA: Isi BBM di SPBU tak Bayar, Sopir Innova Kabur, Pukul Anggota Lantas Banjarmasin

Selain Kotabaru, operasi pasar oleh TPID berlanjut di Kota Banjarmasin pada tanggal 27 hingga 29 Januari 2023 di Taman Siring 0 KM.

Ke depan, sinergi kebijakan antara Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia melalui TPID dalam mendorong ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, kestabilan harga, dan komunikasi efektif akan terus diperkuat untuk memastikan inflasi kembali ke dalam kisaran sasaran 3,0±1% pada semester II 2023.

Editor : Afdiannoor Rahmanata

BACA JUGA: Gedung Biro SDM Polda Kalsel Terbakar

You may also like

2 comments

BPJS Ketenagakerjaan Batulicin Dorong PLKK Berikan Layanan Terbaik - Barito Post 26 Januari 2023 - 14:43

[…] Belum Diketahui, Polda Kalsel Datangkan Tim… Pasok Tank Tempur Canggih Leopard ke Ukraina TPID Kalsel dan Kotabaru Gelar Operasi Pasar di… Ribuan Saksi-Saksi Yehuwa di Antara Jutaan Korban Naziisme Gedung Biro SDM Polda Kalsel […]

Reply
Layani Jemaah Haul ke-18 Guru Sekumpul, Supian HK Sajikan Prasmanan, Gorengan, Durian dan BBM - Barito Post 26 Januari 2023 - 17:18

[…] Belum Diketahui, Polda Kalsel Datangkan Tim… Pasok Tank Tempur Canggih Leopard ke Ukraina TPID Kalsel dan Kotabaru Gelar Operasi Pasar di… Ribuan Saksi-Saksi Yehuwa di Antara Jutaan Korban […]

Reply

Leave a Comment