Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Bagi Para Wanita

by adm barito post
0 comment 3 minutes read
Wanita perlu memperhatikan tips aman berkendara di jalan (foto:istimewa)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Pada saat ini aktifitas berkendara menggunakan sepeda motor bukan hanya dilakukan oleh pria saja. Namun wanita pun sudah banyak mengendarai sepeda motor untuk keperluan aktifitas sehari-hari.

Akan tetapi masih banyak para wanita yang berkendara kurang aman bahkan tidak mengetahui cara aman berkendara menggunakan sepeda motor.

Baca Juga: Miliki Rumah dengan PPR Sejahtera iB Ar-Rahman dari Bank Kalsel Syariah

Nah, trio motor memberikan tips aman berkendara sepeda motor bagi para wanita yang wajib diketahui, sebagai berikut:

Perlengkapan Dasar

Perlengkapan dasar yang dimaksud adalah helm, jaket, ikat rambut (apabila rambut pengendara cukup panjang) yang dimana bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan pada pengendara oleh rambutnya ketika sedang berkendara.

Gunakanlah jaket agar terhindar dari sengatan matahari, dan untuk melindungi pengendara dari serangan masuk angin.

Baca Juga: Bank Kalsel Kalahkan Bank BRI

Nah berikut itu adalah perlengkapan dasar, jika mau menambahkan perlengkapan tambahan lainnya alangkah bagus lagi agar meyakinkan untuk selamat di jalan.

Gunakanlah Alas Kaki yang Seharusnya

Penggunaan sepatu hak tinggi saat mengendarai sepeda motor akan mengganggu keseimbangan tubuh saat membawa motor.

Apabila memang ada keperluan tertentu yang mengharuskan pengendara menggunakan sepatu hak tinggi, maka alangkah baiknya pengendara memakai flat shoes ketika memulai berkendara, lalu setelah sampai tujuan pengendara dapat berganti sepatu ke sepatu dengan hak tinggi.

Baca Juga: Lunasi Bipih, Tercatat 3.533 Jamaah Haji Kalsel hingga 12 Februari 2024

Dan juga, sepatu dapat disimpan pada bagasi motor. Jadi jauh lebih aman dan praktis.

Usahakan Tidak Menggunakan Rok

Menggunakan rok ketika mengendarai sepeda motor sangat tidak dianjurkan, terlebih jika rok yang digunakan adalah rok ketat yang dimana dapat mempengaruhi batas gerak kaki pengendara ketika berada di jalur lambat atau kondisi yang berhenti mendadak.

Alangkah baiknya rok disimpan di dalam bagasi motor terlebih dahulu apabila rok memang ingin digunakan. Hal ini bertujuan demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengendara dalam berkendara.

Baca Juga: Pengguna Internet di Indonesia Tumbuh Pesat

2 minutes read

Gunakanlah Aksesoris Seperlunya

Penggunaan aksesoris ketika sedang berkendara memang tidak dilarang namun tidak dianjurkan, terlebih saat sedang mengendarai sepeda motor.

Karena penggunaan aksesoris ini dapat mencuri perhatian para penjahat yang mungkin akan mencelakai para pengendara.

Gunakan Tas yang Tepat

Baca Juga: Plagiasi Lagu Paris Barantai Diselesaikan Secara Kekeluargaan

Pakailah tas yang mudah dibawa dan yang tidak menyulitkan pengendara ketika berkendara. Apabila tasnya mudah dibawa, maka tas bisa disimpan di dalam bagasi motor.

Hindari juga penggunaan tas tangan/handbag, dikarenakan dapat memancing tindakan kriminal seperti penjambretan atau hal lainnya. Nah, inilah tips aman berkendara untuk para wanita agar selalu aman saat berkendara menggunakan sepeda motor. (*)

Follow Barito Post klik Google News

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment