Sehari, Tiga Kali Jago Merah Amuk Banjarmasin

by baritopost.co.id
0 comment 3 minutes read
TIGA KEBAKARAN - Beginilah saat api berkobar di Sutoyo S Komplek Ar-Rahman Banjarmasin Barat dan di Pasar Sepeda Banjarmasin Tengah, Kamis )11//7/2024) pagi. (foto: ist/sum/net)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Kota Banjarmasin terus dilanda musibah kebakaran. Api amuk rumah warga dalam sehari sejak kemarin hingga pagi tadi tiga lokasi terjadi kebakaran, Kamis (11/7/2024).

Baca Juga: Korban Berjatuhan, RS M Ansari Saleh Rujuk 12 Korban Diduga Mabuk Kecubung ke RSJ Sambang Lihum

Jelang siang tepatnya pukul 10.30 Wita puluhan damkar menuju Sutoyo S Komplek Arrahman RT 07 RW Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat.

Api mengamuk di rumah permanen milik M Rasidi alias Jamrud (70) padahal pemilik rumah bersama cucu dan ibunya sedang istirahat.
Ketika api berkobar di atap bagian depan, pihak damkar berdatangan mengeroyok si jago merah tersebut.

Baca Juga: Korban Berjatuhan, RS M Ansari Saleh Rujuk 12 Korban Diduga Mabuk Kecubung ke RSJ Sambang Lihum

Sementara istri Rasidi bernama Hj Jamrud (65) pergi ke Masjid Raya Ssbilal Muhtadin. Rumah yang pernah direhan lima tahun lalunitu padahal sudah berganti kabel listriknya. “Saat api berkobar suami dan cuci serta ibu saya ada di rumah. Saya baru sampai di Masjid Raya Sabilal main parkir, Tiba-tiba dikabari suami saya rumah kebakaran,”beber Hk Jamrud kepada awak media. Akibat kebakaran itu mereka pun mengalami kerugian hingga puluhan juta.

Tiga jam sebelumnya, di tempat berbeda api juga mengamuk di Pasar Sepeda atau Jalan Niaga Timur RT 12 Kelurahan Kertak Baru Ilir Kecamatan Banjarmasin Tengah, pukul 06.30 Wita. Kebakaran mrnghanguskan empat rumah darurat di bangunan milik Pemko tersebut.

Baca Juga: Korban Berjatuhan, RS M Ansari Saleh Rujuk 12 Korban Diduga Mabuk Kecubung ke RSJ Sambang Lihum

Salah satu korban rumah terbakar bernama Sumarni rencana mau pindah ke rumah yang baru direhabnya. Akan tetapi rumahnya ikut terbakar akibat dari masalah api di rumah Rumasiah alias Irum (65) seorang penjual gorengan.. “Bu Irum tinggal sama satu anaknya bernama Fauzi (40), saat bangun pagi kami sebelumnya mencium bau gas. Kemudian terjadilah konaran api,” terang Sumarni kepada awak media. Rumah dengan balik semen tanpa atap itu juga merembet ke bangunan milik, Asiah (50) yang tinggal bersama anaknya M Yahya (21).

Baca Juga: Polda Kalsel Sita 20.680 Butir Obat Terlarang Diduga Mengandung Carnophen di Sungai Andai

Ketua RT Humaidillah alias Dillah (54) mengatakan, ada enam bangunan yang terbakar, terdiri dari satu tempat usaha, rumah kosong dan empat rumah warga. Dengan jumlah empat keluarga atau 12 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Dia juga menambahkan, saat kebakaran seorang warga mengalami pingsan karena terkejut api berkobar di bangunan lama tersebut. Namun sudah dipastikan tidak apa-apa dan sudah dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Korban Berjatuhan, RS M Ansari Saleh Rujuk 12 Korban Diduga Mabuk Kecubung ke RSJ Sambang Lihum

Sehari sebelumnya atau belum 24 jam, kebakaran juga terjadi di Jalan Veteran Sungai Bilu Komplek Halim Gg III RT 27 Kelurahan Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur. Kebakaran menghanguskan dua bangunan rumah rusak berat dan ringan yang dihuni 4 KK 13 Jiwa.

Kepala BPBD Kota Banjarmasin H Husni Thamrin mengatakan ada 3 KK 10 Jiwa (rusak berat) terdiri dari Noor Aida, Abdus, Syamsul Hadi. Kemudian rumah ,Muhammad Fajeri rusak ringan.

Penulis : Arsuma
Editor : Mercurius

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment