Rencana KPU HST Datangkan Artis Ibukota, Begini Tanggapan MUI dan Lazismu

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read
Kantor KPU Kabupaten HST.(foto : yufanata/brt)

Barabai, BARITOPOST.CO.ID – Peluncuran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang rencananya datangkan artis ibu kota tuai komentar dari berbagai kalangan.

Komentar dari berbagai kalangan itu muncul lantaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten dan Kota serta Provinsi terkesan “berlomba-lomba” datangkan artis ibu kota.

Perlu diketahui, informasi yang beredar, KPU Kabupaten HST juga bakal mengundang artis ibu kota, Geisha yang rencananya bakal tampil di acara peluncuran Pilkada 2024 di Taman Dwi Warna Barabai pada 22 Juni 2024.

Rencana KPU HST itu turut ditanggapi oleh Ketua MUI Kabupaten HST, Ustadz H Muhammad Khairuddin, Lc, Kamis (13/6/2024).

Ustadz H Muhammad Khairuddin, Lc mengatakan, rencana itu pada dasarnya tidak salah selama itu masih dalam batas norma-norma agama serta kultur masyarakat HST.

Baca Juga: Bupati Aulia Resmikan Galeri Dekranasda Kabupaten HST, Siap Komitmen Gerakan Ekonomi Kecil-Menengah

“Dari pandangan saya pribadi alangkah baiknya jika tujuan akhir adalah meningkatkan partisipasi pemilih dalam pilkada nanti,” jelasnya.

Ia menambahkan, lebih tepatnya laksanakan sosialisasi dengan melibatkan berbagai kalangan atau stakeholder agar tidak terkesan acara biasa semata saja.

“Lebih baik dikemas saja kegiatan yang lebih spesifik lagi, lebih baik sederhana tapi manfaatnya dapat,” tutupnya.

Senada, Ketua Lazismu HST, M Fuad Rahman mengatakan meningkat atau tidaknya partisipasi masyarakat dalam pilkada tidak hanya tergantung dari banyaknya masa yang berkumpul dengan mendatangkan artis ibu kota.

“Apakah pihak penyelenggara pemilu memiliki data akurat soal suksesi sosialisasi pakai cara semacam itu. Sekali lagi, hal ini sepertinya perlu dievaluasi,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, jangan sampai menghabiskan anggaran sampai ratusan juta hanya untuk ramenya saja dan tidak memberikan dampak signifikan terhadap prosentasi keikutsertaan dalam pemilu.

 

Penulis : Yufanata Tuapatinaya
Editor    : Sophan Sopiandi

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment