Bupati Aulia Resmikan Galeri Dekranasda Kabupaten HST, Siap Komitmen Gerakan Ekonomi Kecil-Menengah

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read

Barabai, BARITOPOST.CO.ID – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi resmikan Galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten HST, bertempat di halaman kantor Dinas Perdagangan (Disdag) setempat, Rabu (12/6/24).

Bupati Aulia menyampaikan bahwa Galeri Dekranasda ini bisa menjadi tempat para pengrajin untuk menampilkan serta menawarkan hasil kerajinan dari usaha keci-menengah yang ada di Kabupaten HST.

“Perlu kita perhatikan bahwa hampir 40 hingga 50 persen usaha yang ada di Kabupaten HST ini masuk pada usaha kecil-menengah, Untuk meningkatkan nilainya maka dibutuhkan kreativitas serta inovasi yang tinggi,” jelasnya.

Usaha Pemerintah Daerah, kata Bupati, menggerakkan Gerakan ekonomi yang terdiri dari tiga aspek yakni belanja konsumsi, belanja Pemerintah, dan investasi.

“Galeri Dekranasda ini menjadi ruang untuk mendorong tiga aspek tersebut. Jadi mari kita beli barang-barang hasil dari para pengrajin kita,” ajaknya.

“Mari kita dukung terus segala kegiatan ekonomi kreatif yang ada di Banua kita. Mudah-mudahan Galeri Dekranasda bisa bermanfaat bagi seluruh pengrajin kita khususnya Bumi Murakata,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten HST, Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi mengungkapkan dengan adanya Galeri Dekranasda ini diharapkan Kabupaten HST semakin maju dan bisa mempunyai daya saing, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

“Kita sering mengikuti pameran di luar daerah dengan menampilkan produk-produk olahan dari Kabupaten HST dan itu sangat banyak diminati. Tapi kita tidak punya wadah di wilayah kita sendiri. Jadi Galeri ini dapat menjadi wadah untuk hal-hal tersebut,” ucapnya.

Terkait produk-produk tersebut, Cheri berharap bukan hanya di pajang tapi dapat di jual-belikan terutama bagi Masyarakat HST. Sehingga para pengrajin semakin semangat membuat inovasi baru lainnya.

Penulis: Yufanata Tuapatinaya
Editor: Sophan Sopiandi

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment