oleh

Rekonstruksi Banjir, PT Conch Bantu 4.000 Sak Semen

Banjarbaru, BARITO – Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA menyampaikan ucapan terimakasih PT. Conch South Kalimantan Cement (CSKC).

Pabrik semen asal Tiongkok yang beroperasi di Seradang Haruai, Kabupaten Tabalong ini memberikan bantuan berupa 4.000 sak semen untuk kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur yang terdampak banjir.

“Terima kasih atas bantuannya. Sudah kita alokasikan sesuai permintaan kabupaten/kota,” ujar Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, di Gedung Idham Chalid di  Banjarbaru, Senin (22/2) sore.

Menurut Pj Gubernur Kalsel Safrizal, saat ini adalah kesempatan bagi semua pihak , misalnya perusahaan swasta melalui dana CSR (corporate social responsibility) dapat berperan. Yakni turut mengulurkan tangan  bergotong royong dan berpartisipasi.

” Kalau punya CSR, segera keluarkan untuk menolong dan meringankan beban rakyat,” ujarnya lagi.

Karena saat ini merupakan kondisi pasca-banjir, maka bantuan diarahkan kepada kegiatan rekonstruksi dan rehabilitasi. Menurutnya, bantuan akan tergantung pihak yang memanfaatkan, dengan catatan, dia menggarisbawahi, bantuan tidak dibawa pulang.

Ditambahkan, bahwa dalam mengantisipasi dampak bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung, semua pihak berperan dalam membantu pemerintah dalam melakukan upaya mitigasi dan pemulihan.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, terdata ada 128 jembatan rusak, total 1.693.295 meter jalan, 1.418 sekolah, 847 tempat ibadah, 184 fasilitas kesehatan dan 104.530 rumah terendam banjir.

Sementara itu, Direktur PT Conch International Trade Indonesia, Wang Hai Qing, menguraikan,  pihaknya  melakukan kegiatan CSR setiap tahun secara rutin.

Bantuan dari dana CSR diantaranya berupa paket bantuan penanganan bencana, beasiswa bagi mahasiswa ke luar negeri dan sebagainya.

“Kita melihat , karena bencana kali ini cukup besar, maka pihak perusahaan turut membantu menyumbang semen untuk membangun kembali infrastruktur terdampak banjir,” cetusnya.

Dia menuturkan, selain 4.000 sak semen, ada lagi bantuan berupa 100 truk batu kerikil. Batu kerikil digunakan untuk menimbun jalan yang rusak akibat genangan air banjir atau menurutnya disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah daerah.

Penulis: Cynthia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed