oleh

Ratusan Amatir Radio,  Ikuti UNAR 2018 Tahap Kedua di HSU

-Seputar Kalsel-1.446 views

Amuntai,BARITO-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI melalui Ditjen Sumber Daya dan Perangkat POS dan Informatika menggelar Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) tahap kedua, di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Minggu (7/10).  Bertempat di aula SMKN 2 Amuntai, sebanyak 208 peserta amatir radio se-Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti UNAR tersebut.diikuti sebanyak  191 siaga, 14 penggalang, dan tiga  penegak.

Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas Il TeleKomuniKasi, Mujio yang baru menjabat ini mengatakan, Pendaftaran UNAR dilakukan secara online dengan difasilitasi Kementerian Kominfo sebagai salah satu komitmen Ditjen Sumber Daya dan Perangkat POS dan Informatika untuk menyediakan perizinan di bidang spektrum dan frekuensi radio

“Peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat sebagai syarat tahap pengajuan Izin Amatir Radio (IAR),”ujarnya. Mujio berharap kepada mereka yang sudah memiliki lAR dan tergabung dalam organisasi amatir radio, agar dalam melakukan kegiatannya tetap berpedoman kode etik dan mentaati peraturan spektrum radio.  Dengan sertifikasi atau punya IAR itu tentunya akan mentaati UU Telekomunikasi.

Sekretaris ORARI Daerah Kalsel, Muhammad Yani (YB7KY) mengatakan, UNAR adalah sebagai syarat mendapatkan IAR dan setiap yang mendapatkan IAR wajib menjadi anggota organisasi. Kini Pemerintah melalui Kementerian Kominfo sudah menyediakan aplikasi pendaftaran secara online yang bisa memudahkan para peserta amatir radio.

“Meskipun pendaftaran secara online, masih banyak peserta tidak familiar. Diharapkan nanti kedepannya masyarakat terbiasa untuk melakukan pendaftaran secara online,” tambahnya. Sebelumnya sudah dilaksanakan UNAR tahap l di Martapura Kabupaten Baniar, diharapkan IAr dan KTa sudah dapat diterbitkan atau selesai untuk diserahkan kepada amatir radio sebelumnya. ndy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed