oleh

PPNI Peduli Korban Banjir

Pelaihari,BARITO – Sebagai wujud kepedulian terhadap warga yang terdampak banjir di Kabupaten Tanah Laut beberapa waktu lalu, hingga banjir hampir merata melanda disemua kecamatan, tergerak hati dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Tanah Laut untuk membantu warga yang terdampak banjir.

Puncak banjir yang melanda Kabupaten Tanah Laut sendiri terjadi pada hari Jum’at (15/1) lalu. Tidak saja hanya merendam ribuan rumah warga, sejumlah fasiltas umum seperti jalan, jembatan, sekolah, areal persawahan, tempat ibadah, hewan ternak tidak luput terdampak banjir. Banjir tahun ini diakui merupakan banjir terparah dari beberapa tahun sebelumnya yang pernah melanda Kabupaten Tanah Laut.

Ketua PPNI Tanah Laut Sutarno,S.kep,Ns,MM Senin, (25/1) mengatakan, terbalut dalam kegiatan PPNI Peduli Banjir dibeberapa kecamatan seperti Kecamatan Bumi Makmur, Kurau, Bati-Bati, Pelaihari termasuk sampai ke Kecamatan Bajuin didistribusikan bantuan berupa sembako, pakaian dan lainnya.

“Untuk di posko kesehatan , terutama disemua kecamatan PPNI Tanah Laut hadir pula bersama profesi lain dan BPBD, dan peduli terhadap warga terdampak banjir ini dihimpun dari penggalangan anggota se Kabupaten Tanah Laut. Peduli terdampak banjir untuk sedikit meringankan beban warga yang terdampak,”kata Sutarno.

Sementara sumber data dari BPBD Tala, DPUPRP Tala, Disdikbud Tala, Dinkes, Disnakeswan, dan Distanholbun Tala pada update per 25 Januari 2021 pukul 15.00 wita yang dikelola Diskominfo Tala tentang Infografis Dampak Bencana Banjir dan Tanah Longsor di 11 kecamatan, ada 75 bangunan sekolah, bendungan 3 buah, fasilitas kesehatan 47 buah, tempat ibadah 121 bangunan, rawat jalan 4.597 orang, rawat inap 3 orang, meninggal 7 orang, tambak perikanan 220,67 hektare, jalan nasional 12,4 km, jalan provinsi 43,3 km, jalan kabupaten 688,34 km, jembatan nasional 1 unit, jembatan provinsi 1 unit, jembatan kabupaten 18 unit.

Kemudian pada Holtikultura 127 hektare, tanaman pangan 15,656 hektare. Pada hewan ternak seperti itik 21.511 ekor, kambing 2 ekor, sapi/kerbau 63 ekor, ayam 26,733 ekor, dan burung puyuh 180 ekor.

Penulis: Basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed