oleh

Pasca Banjir Kalsel, Instansi Terkait Harus Cari Akar Masalah dan Solusi Kedepan

Banjarmasin, BARITO – Paska musibah banjir yang terjadi disejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan lebih dari sepekan, maka harus secepatnya disikapi secara serius oleh instansi terkait bersama-sama melalui evaluasi menyeluruh untuk mencari akar masalah dan solusi dari musibah banjir tersebut.

Akar masalah dari penyebab musibah banjir itu mungkin tak sekedar cuaca ekstrim, tapi bagaimana kedepannya pemeliharaan, penataan saluran sungai dan drainase harusnya menjadi prioritas sekaligus konsentrasi semua instansi, seperti Balai Sungai, Dinas Pemukiman maupun Tata Kota serta dinas terkait lainnya.

“Instansi terkait harus mengevaluasi penyebab banjir untuk dicari solusinya, sehingga kedepan tak lagi terjadi banjir sehebat ini,” ujar anggota Komisi I DPRD Kalsel Gina Mariati kepada wartawan di Banjarmasin, Senin (25/1/2021).

Gina yang duduk di Komisi membidangi pemerintahan dan hukum menegaskan, selain instansi atau dinas pada pemerintahan, politisi Nasdem ini juga meminta masyarakat pelaku perusahaan maupun masyarakat khususnya yang bermukim dipinggiran sungai untuk taat aturan dan sama-sama menjaga lingkungan, sehingga terhindar dari potensi bencana.

Gina juga menyoroti soal kurangnya koordinasi terkait penyaluran bantuan bagi masyarakat yang terdampak banjir. Fakta itu, kata dia, terlihat saat dirinya bersama rombongan turun menyalurkan bantuan ke titik-titik lokasi di Kabupaten Barito Kuala, ternyata masih banyak masyarakat yang berada diwilayah dalam yang tak terjamah bantuan.

“Bantuan kan banyak sekali, tapi kurangnya koordinasi, maka bantuan tidak sampai ke daerah dalam dan hanya numpuk disatu posko tertentu saja,” terangnya.

Karena itu Gina meminta agar dinas atau badan yang menangani bencana mulai dari tingkat provinsi dan kabupaten serta kota harus melakukan koordinasi tinggi, sehingga bantuan yang demikian banyak dari donasi-donasi se-Indonesia ini bisa tersalur sampai pada sasaran yang memang membutuhkan terutama di titik-titik daerah yang jauh dan dalam.

 

Penulis : Sopian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed