PLN Indonesia Power UBP Barito Raih 3 Penghargaan Proper Biru Atas Ketaatan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read
Momen penyerahan Sertifikat PROPER oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan kepada perwakilan PLN Indonesia Power UBP Barito

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Barito, raih Penghargaan Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER), Peringkat Biru untuk periode tahun 2022-2023.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ibu Hanifah Dwi Nirwana, ST., MT., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, dalam acara yang diselenggarakan di Ballroom Hotel G’Sign Kota Banjarmasin, Jum’at (14/6/2024).

PROPER adalah program nasional yang mengevaluasi dan mengakui kinerja lingkungan perusahaan, dengan tujuan untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

PLN Indonesia Power UBP Barito memperoleh Sertifikat Penghargaan PROPER Peringkat Biru untuk tiga unit pembangkit listriknya, yaitu PLTA Ir. PM. Noor, PLTD Kotabaru, dan PLTDG Trisakti. Penghargaan ini merupakan validasi atas komitmen perusahaan dalam menjalankan operasional yang ramah lingkungan.

Manager PLN Indonesia Power UBP Barito, Nyoman Sukma Aryawan mengatakan, bahwa pencapaian PROPER Biru ini adalah bukti nyata dari komitmen perusahaan terhadap kepatuhan lingkungan.

“Kami bekerja sama dengan semua bagian di unit pembangkit, khususnya peserta program PROPER, untuk memastikan pengelolaan lingkungan yang optimal. Ini mencakup menjaga mesin dalam kondisi prima untuk pengelolaan udara, memastikan instalasi air limbah berfungsi dengan baik untuk pengelolaan air, dan memenuhi ketentuan teknis untuk penyimpanan dan pengangkutan limbah B3,” ujarnya.

Baca Juga: Mahasiswa UNIKASE Mendapat Pemahaman Pasar Modal

Sukma juga menjelaskan pentingnya pemantauan lingkungan yang konsisten sesuai dengan kewajiban matriks UKL UPL.

“Kami melakukan uji emisi cerobong asap, pemantauan udara ambien, kebisingan, air permukaan, serta dampak sosial dan budaya masyarakat secara rutin. Langkah-langkah ini adalah bagian dari upaya kami untuk menjaga lingkungan perusahaan tetap dalam kondisi baik sesuai dengan peraturan yang berlaku,” imbuhnya.

“Keberhasilan ini bukan hanya sebuah pencapaian, tetapi juga sebuah tanggung jawab untuk terus menjaga dan meningkatkan standar pengelolaan lingkungan. Kami berkomitmen untuk mempertahankan lingkungan kerja yang sehat dan berkelanjutan, demi kesejahteraan karyawan dan masyarakat sekitar,” pungkas Sukma.

Lebih dari sekadar penghargaan, Sertifikasi PROPER Biru menunjukkan bahwa PLN Indonesia Power UBP Barito beroperasi dengan mematuhi standar pengelolaan dan pemantauan lingkungan yang ketat. Hal ini memberikan kepercayaan kepada konsumen dan pemangku kepentingan bahwa perusahaan mengutamakan keberlanjutan dalam setiap aspek operasionalnya.

Sertifikasi PROPER Biru juga mencerminkan bahwa PLN Indonesia Power UBP Barito mengintegrasikan prinsip keberlanjutan ke dalam budaya perusahaan. Ini adalah pengakuan resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas prestasi perusahaan dalam menjaga lingkungan.(*)

Sekilas Tentang PLN Indonesia Power

PT PLN Indonesia Power adalah Generation Company terbesar se-Asia Tenggara Sub Holding BUMN kelistrikan yaitu PT PLN (Persero). PLN Indonesia Power selalu berkomitmen untuk menjadi perusahaan energi yang berbasis teknologi, inovasi, dan berorientasi pada masa depan menuju The NEW PLN 4.0 UNLEASHING ENERGY and BEYOND.

*

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment