‘Pelatihan 3 Bahasa’ Mandarin, Arabic dan English di Fakultas Farmasi Uniska Banjarmasin

by adm barito post
0 comment 4 minutes read
Dekan Fakultas Farmasi Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari apt.Hasniah, M.Farm Saat Memberikan Sambutan Dalam 'Pelatihan 3 Bahasa' (foto:baritopost)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – “Pelatihan 3 Bahasa” multilingual yakni Mandarin, Arabic dan English di Fakultas Farmasi Univeritas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, pada Selasa (30/4/2024).

Hadir sebagai pemateri Dahlia Hardie (Graphic Designer Community College Initiative Program-USA) dan M Kamaluddin Ikhsan (alumni Fakultas Kedokteran Hubei Polytechnic University Tiongkok), dari Asosiasi Pemuda Banua Indonesia, digelar di kampus Farmasi.

Baca Juga: Paman Birin Tegaskan Anggaran Pendidikan Rp2,3 Triliun dari Kewajiban 20 Persen

Dekan Fakultas Farmasi Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari apt.Hasniah, M.Farm mengungkapkan, ‘Pelatihan 3 Bahasa’ Fakultas Farmasi sangat selaras dengan visi misi Uniska Banjarmasin. ‘Jadi sangat mengarah ke akreditasi Internasional, sebab dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa Fakultas Farmasi,’ ucapnya.

apt.Nily Su'aida, M.Far Dosen Pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) juga Wakil Dekan III Fakultas Farmasi

apt.Nily Su’aida, M.Far Dosen Pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) juga Wakil Dekan III Fakultas Farmasi

Bahkan, sambun Hasniah yang juga alumni Sekolah Tinggi Farmasi Bandung ini, dapat terus aktif dalam kegiatan internasional.

Sementara itu, Wakil Dekan III Fakultas Farmasi apt.Nily Su’aida, M.Far menagkui, motivasi ‘Pelatihan 3 Bahasa’ untuk menciptakan lingkungan. ‘Jadi di Uniska sudah ada mata kuliah wajib bahasa Inggris dan Arab, dan Fakultas Farmasi hanya mendukung yang telah diterapkan universitas,’ bebernya.

Baca Juga: Kadin Kalsel Layangkan Surat ke DPC Peradi Banjarmasin untuk Mengosongkan Gedung, Begini Tanggapan Ketua Peradi

Untuk itu, Ia berharap, mahasiswa Fakultas Farmasi dapat terus berkompetisi diajang Internasional, mengingat potensi mahasiswa sangat bagus. ‘Banyak mahasiswa yang mampu menguasai bahasa Inggris, Arab, Mandarin. Kami memberikan wadah ke mahasiswa agar mengeksplor kemampuan,’ jelas alumni Universitas Airlangga Surabaya ini.

Menurutnya, peserta Pelatihan 3 Bahasa’ merupakan mahasiswa semester 2 hingga 8. ‘Untuk semester 8, jika akan melanjutkan kuliah S-2 keluar negeri maka bisa berkordinasi dengan Asosiasi Pelajar Banua Internasional (APBI),’ paparnya.

Jika bisa, sambung Nily, mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa dan akademik maka dapat melanjutkan ke kampus-kampus internasional, seperti di China, dan Amerika. ‘Setiap 2 minggu sekali ada belajar di English Club untuk mahasiswa semua semester,’ sebutnya.

Baca Juga: 901 Mahasiswa UIN Antasari Ikuti Wisuda Sarjana ke-79 dan Pascasarjana ke-49

Sedang Wakil Dekan II Fakultas Farmasi apt Muhammad Fauzi, M.Farm memastikan, membuka pendaftara dalam “Pelatihan 3 Bahasa” Mandarin, Arabic dan English di Fakultas Farmasi. ‘Satu angkatan 15 orang,  sehingga yang hadir sebagai peserta dalam pelatihan kali ini, sekitar 60 orang dari 230 mahasiswa,’ tandasnya.

Wakil Dekan II Fakultas Farmasi apt Muhammad Fauzi, M.Farm

Wakil Dekan II Fakultas Farmasi apt Muhammad Fauzi, M.Farm

“Pelatihan 3 Bahasa” digelar berkelanjutan, dan bagi mahasiswa yang belum mengikuti pelatihan, maka akan diikutkan secara rolling (bergantian) dalam penerapan belajar bahasa. ‘Kami ingin di Fakultas Farmasi banyak mahasiswa menjadi ‘penutur’ bahasa dan go internasional,’ tambah alumni Magister Universitas Padjadjaran Bandung ini.

M Kamaluddin Ikhsan saat memberikan materi Bahasa Mandarin dan Bahasa Arab menyatakan, belajar Bahasa Mandarin sulit karena belum tahu caranya, namun jika dipelajari secara baik tentu akan bisa. ‘Belajar bahasa asing seperti Bahasa Mandarin berasal dari gambar dan terlihat lalu dibahasakan,’ ujarnya.

Baca Juga: Diberangkatkan 12 Mei 2024 Kloter 1 Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Ketua BEM Ahmad Edwin Kusuma mengaku telah melibatkan Asosiasi Pemuda Banua Indonesia (APBI) dalam ‘Pelatihan 3 Bahasa’. ‘Menjadi program BEM Fakultas Farmasi bersama Wakil Dekan III Farmasi, dengan target mahasiswa dapat menerapkan 3 bahasa dalam penulisan proposal maupun aplikasi kehidupan sehari-hari. ’Upaya kemampuan pertukaran pelajar keluar negeri, dan ‘Pelatihan 3 Bahasa’ menjadi bekal mahasiswa,’ imbuhnya.

Editor: Afdiannoor Rahmanata

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment