oleh

Pascabanjir, DLH Kalsel Upayakan Pemulihan Lingkungan

Banjarmasin, BARITO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan terus berusaha memulihkan lingkungan yang mengalami kerusakan akibat banjir beberapa waktu lalu.

Kepala DLH Kalsel Hanifah D Nirwana mengatakan saat ini pihaknya telah memetakan kembali potensi anggaran yang diperlukan untuk pemulihan lingkungan yang rusak.

“Upaya nyata dilapangan ini untuk pemulihan lingkungan hidup yang mengalami dampak luar biasa akibat musibah banjir,” ucap Hanifah kepada wartawan di Banjarmasin, Rabu (24/2/2021).

Dikatakan Hanifah saat ini pihaknya fokus pada daerah Barabai dan Riam Kiwa, karena kedua daerah tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah akibat musibah banjir.

Hanifah melanjutkan untuk daerah Barabai ditemukan kondisi lahan yang curam dan labil, sehingga potensi kemungkin terjadi longsor sangat besar, di tambah lagi kondisi sungai yang memiliki belokan tajam dan aliran sungai bisa saja menghantam rumah penduduk.

“Dengan alokasi anggaran yang ada di dinas, kami berharap dapat berkolaborasi melakukan perbaikan yang berfokus pada lingkungan,” bebernya.

Ditegaskannya selain kerjasama yang solid diinternal DLH Kalsel, pihaknya juga melibatkan masyarakat sekitar untuk menciptakan desa ramah lingkungan.

“Kita berharap dapat mewujudkan desa ramah lingkungan, yang tangguh akan bencana dan aksi terhadap perubahan iklim,” paparnya.

Untuk melakukan pembenahan lingkungan yang rusak akibat musibah banjir, maka anggaran yang diperlukan sedang dalam proses dan pada tahun ini juga bakal terealisasi, demikian Hanifah.

Penulis : Sopian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed