Pasca Operasi Caesar, Ini Tips Posisi Tidur yang Nyaman

Saat Operasi Caesar Berlangsung (foto:ilustrasi)

BARITOPOST.CO.ID – Perlu mempertimbangkan beberapa posisi tidur berbeda, yang akan membantu mengurangi tekanan pada sayatan di perut dan lebih mudah tertidur.

Tips agar mendapatkan cukup tidur pasca operasi caesar, yang dikutip dari Healthline.

Posisi Tidur Punggung Telentang

Meskipun tidur telentang tidak disarankan setelah hamil lebih dari 20 minggu, posisi ini direkomendasikan untuk yang baru pulih dari operasi. Ini menempatkan sedikit ketegangan dan tekanan pada sayatan dan memastikan, tubuh sejajar.

Jika perlu meninggikan kaki atau membuat posisi ini lebih nyaman, boleh saja menambahkan bantal tubuh, selimut atau handuk yang digulung rapat di bawah lutut atau lengan. Namun, dengan posisi ini, pasti ingin memperhatikan bagaimana bangun dari tempat tidur.

BACA JUGA: RIVYA Hadir di Kalsel dan Kalteng, Skincare Pertama di Indonesia

Tidur Telentang Tidak Rata

Dalam posisi ini, menggunakan bantal penyangga yang cukup untuk memberi kemiringan 45 derajat di tempat tidur. Meskipun ini mungkin posisi yang tidak biasa jika biasanya tidak tidur dengan cara ini, Mungkin merasa relatif nyaman selama masa pemulihan.

Selain itu, tidak jarang yang melahirkan secara caesar, mengalami sleep apnea obstruktif pasca persalinan. Jadi, posisi tidur ini dapat mengurangi tekanan pada sayatan dan memastikan jalan napas terbuka dan tidak terhalang.

Tidur dengan Posisi Duduk Tegak

Jika pernah begadang menonton acara favorit, berarti mungkin pernah tertidur dalam posisi duduk tegak. Posisi ini, mungkin tidak senyaman meringkuk di tempat tidur, tapi ini adalah pilihan yang bagus dan juga bisa sangat praktis di masa-masa awal pasca melahirkan caesar.

BACA JUGA: New York Fashion Week Tampil Simpel

Pastikan untuk menggunakan beberapa bantal tambahan untuk membuat tidur tegak senyaman mungkin. Terutama jika sedang menyusui, tidur tegak membuatnya lebih mudah untuk memberi makan Si Kecil selama beberapa kali menyusui di malam hari.

Posisi Tidur Miring

Bagi sebagian orang, tepat setelah tidur terlentang, tidur menyamping adalah posisi kedua yang paling nyaman. Untuk yang baru pulih dari operasi caesar, ini adalah pilihan yang bagus karena tidak memberi tekanan tambahan pada sayatan dan bisa bangun dari tempat tidur lebih mudah.

Secara khusus, harus fokus untuk tidur miring ke kiri karena ini membuat aliran darah yang optimal dan juga membuat pencernaan lebih mudah.

Editor : Afdiannoor Rahmanata

BACA JUGA: Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

901 Mahasiswa UIN Antasari Ikuti Wisuda Sarjana ke-79 dan Pascasarjana ke-49

Diberangkatkan 12 Mei 2024 Kloter 1 Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Serapan Kerja dari Lulusan SMK Bina Banua Relatif Tinggi