Paman Yani Monitoring Pelayanan Samsat Handil Bakti dan Capaian Realisasi Pendapatan 2024

Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel Muhammad Yani Helmi saat monitoring ke Kantor Samsat Handil Bakti Kabupaten Batola.(foto : ist)

Handil Bakti, BARITOPOST.CO.ID – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Yani Helmi karib disapa Paman Yani melaksanakan kunjungan kerja (kunker) dalam daerah ke Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Handil Bakti Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) Marabahan di jalan Trans Kalimantan KM 21 Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Jumat (3/5/2024).

Muhammad Yani Helmi mengatakan kunker ke dalam daerah ini dilaksanakan untuk monitoring pelaksanaan pelayanan kesamsatan kepada masyarakat dan capaian realisasi pendapatan di triwulan pertama tahun 2024.

“Kita sudah melaksanakan komunikasi dengan Kepala UPPD Samsat Handil Bakti beserta jajarannya. Kita fokus pada capaian realisasi pendapatan sebesar 33 persen hingga saat ini,” kata Paman Yani.

Politisi Golkar ini memberikan apresiasi dan menyambut baik atas capaian realisasi pendapatan di triwulan pertama ini.

Baca Juga: Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Batulicin Bagikan Sembako ke Pekerja

Ia berharap realisasi pendapatan di triwulan kedua dan selanjutnya bisa lebih ditingkatkan sesuai dengan target yang telah ditetapkan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalsel.

“Pendapatan ini tidak hanya berasal dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), tetapi juga Pendapatan Lainnya (PL),” ungkapnya.

Adik kandung Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor ini disela kunjungannya juga menyoroti kondisi Kantor Samsat Handil Bakti yang dinilai belum memiliki tempat yang representatif bagi masyarakat. Padahal, menurutnya, jumlah wajib pajak di Samsat Handil Bakti ini sangat banyak, bahkan hampir sama dengan UPPD Marabahan.

“Samsat Handil Bakti ini meskipun kantor cabang pembantu, tapi jumlah wajib pajaknya sangat banyak. Namun tempat parkirnya sempit dan ruang tunggu yang berada di samping kantor yang dikhawatirkan bila hujan bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi wajib pajak,” terangnya.

Karena itu, Paman Yani akan kembali mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Kalsel agar Samsat Handil Bakti dapat memiliki kantor yang representatif, seperti ruang tunggu dan tempat parkir yang lebih luas, sehingga pelayanan terhadap wajib pajak bisa lebih optimal.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel Muhammad Yani Helmi foto bersama pimpinan UPPD Samsat Marabahan dan jajaran Samsat Handil Bakti Kabupaten Batola.(foto : ist)

Sementara, Kepala UPPD Samsat Marabahan, Ermina Zaidah mengucapkan terima kasih atas kunjungan Paman Yani dan dukungan Komisi II DPRD Provinsi Kalsel ke Samsat Handil Bakti.

Ia berharap ke depan, Samsat Handil Bakti mendapatkan fasilitas yang lebih memadai sehingga pelayanan bisa lebih maksimal, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Alhamdulillah kami mengucapkan terima kasih atas monitoring dan dukungan Paman Yani yang sangat kami perlukan. Semoga ke depan Samsat Handil Bakti bisa lebih bagus pelayanannya dan mendapatkan fasilitas yang lebih memadai,” harapnya.

Untuk diketahui, data rekapitulasi penerimaan online UPPD Marabahan sampai dengan 2 Mei 2024 mencatat bahwa penerimaan online Samsat Handil Bakti mencapai Rp1.175.897.100. Disusul penerimaan online Samsat Marabahan sebesar Rp768.260.900 dan penerimaan online Salam sebanyak Rp640.039.800.

Baca Juga: Bertahun Tahun Mengabdi di Kodim 1002/HST Kopda Ahmad Saifullah Resmi Ditugaskan Ke Kodim 1022/Tanbu

Sementara data rekapitulasi penerimaan reguler UPPD Marabahan sampai dengan 2 Mei 2024, untuk penerimaan Samsat Handil Bakti sebesar Rp2.841.333.550. Jumlah ini menduduki posisi kedua setelah penerimaan Samsat Marabahan (daftar baru)

mencapai Rp9.718.000.400 dan disusul penerimaan Samsat Marabahan sebesar Rp2.549.373.200 di urutan ketiga.

Untuk target penerimaan pajak daerah dan lain-lain PAD yang sah (non denda) UPPD Marabahan hingga Mei 2024, tercatat bahwa penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sudah terealisasi sebesar 33,91 persen atau Rp10.415.892.200 dari target Rp30.717.325.500. Sedangkan penerimaan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) sudah terealisasi sebesar 39,01 persen atau Rp8.546.387.400 dari target Rp21.909.457.000.

Untuk penerimaan Pajak Air Permukaan (PAP) terealisasi sebesar 36,35 persen atau Rp207.743.619 dari target Rp326.362.945. Sementara penerimaan Sumbangan Pihak Ketiga (SP3) Dealer terealisasi sebesar 37,34 persen atau Rp89.350.000 dari target Rp236.137.000.

 

Penulis/Editor/* : Sophan Sopiandi

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Pj Bupati Apresiasi 57 Orang Termasuk Camat, Berhasil Turunkan Prevalesi Stunting,

Batola Terus Lakukan Upaya Penurunan Stunting, Digelar Audit Stunting Tahap I

Batola Laksanakan Lomba Inovasi Daerah, Sekda Harap Semua SKPD Terus Ciptakan Inovasi Program dan Kebijakan Daerah