Operasional RT Naik 50 Ribu

by baritopost.co.id
0 comment 1 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Insentif atau Biaya operasional (BOP) untuk ketua Rukun Tetangga (RT) di Kota Banjarmasin akan bertambah sebesar Rp 50 ribu. Kenaikan BOP tersebut rencananya diterima per bulan Oktober ini.

Menurut Kabag Tata Kepemerintahan Kota Banjarmasin, Diyannor, kenaikan biaya tersebut sudah melalui rapat perubahan bersama pimpinan dan DPRD Kota dan disepakati naik Rp 50 ribu dari Rp 550 ribu.

Alasan mendasar dinaikannya operasional RT itu adalah untuk meningkatkan kinerja RT, menggerakkan masyarakat dalam hal pembangunan dilingkup masing-masing.

Kemudian membantu meningkatkan pelayanan di masyarakat dan kegiatan lainnya guna mendorong masyarakat yang lebih baik. Operasional RT
“Naiknya 50 ribu, mudahan ini dapat meningkatkan kinerja RT dalam melayani masyarakat dan pembangunan di lingkungan masing-masing,” tuturnya.

Mantan Camat Banjarmasin Tengah ini mengatakan, di Kota Banjarmasin ini sedikitnya ada 1.575 Ketua RT dari 52 Kelurahan, 5 Kecamatan.

Bila dirinci, Banjarmasin Tengah ada 251 RT, Banjarmasin Barat 356, Bajarmasin Selatan 337, Bajarmasin Utara 340, Banjarmasin Timur 291.

Baca Juga:
Selama Tujuh Bulan, ETLE Dit Lantas Polda Kalsel Catat 417,702 Pelanggaran
Cara Pemko Banjarmasin Sambut Hari Batik Nasional

Sebenarnya, kenaikan BOP itu diinginkan tahun lalu mengingat kondisi ekonomi masih pasca pandemi covid 19 dan baru tahun ini diperubahan baru disetujui.

“Kalau jumlah RT di Banjarmasin seluruhnya ada 1.575. Semua RT sudah mengetahui prihal kenaikan, baik itu disampaikan oleh camat maupun lurah masing-masing,” tuturnya.

Diyan melanjutkan, Pemko Banjarmasin juga akan melakukan pemekaran wilayah RT misalnya seperti di Sungai Andai. Itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan.

Camat Banjarmasin Tengah, Ibnu Sabil menyatakan sangat mendukung kenaikan BOP RT tersebut. Karena baginya, tugas RT tidaklah mudah apalagi untuk melakukan pembinaan ke warga. “Terkait kenaikan tersebut sudah kami sampaikan kepada seluruh RT bersama lurah. Mudahan ini bermanfaat dan kinerja RT semakin meningkat memberikan pelayanan,” katanya. Operasional RT

Penulis : Hamdani

You may also like

Leave a Comment