oleh

Open Untuk Semua Ormas

Pelaihari,BARITO – Dandim Kodim 1009 Pelaihari Letkol Inf Adi Yoga Susetyo mengatakan, TNI siap terbuka bermitra dan membina Organisasi Masyarakat (Ormas), demikian diutarakannya Senin, (30/11) di Markas Kodim 1009 Pelaihari Jalan A Yani.

“Besar dan hidupnya sebuah organisasi harus dari mereka sendiri, Kodim sebagai salah satu pembina dengan pengurus, maka apa yang sudah dibentuk mereka harus membuat program kerja berdasarkan AD/ART organisasi. Jangka pendeknya apa, menengahnya apa dan jangka panjangnya apa,”kata Dandim.

Dandim menambahkan, organisasi itu jangan sampai mati suri, ada namanya, pengurusnya juga lengkap tapi tidak ada kegiatan sama sekali. Kodim 1009 Pelaihari pada prinsipnya mendukung organisasi dengan program kerjanya selama untuk kepentingan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sebagai wujud dukungan Kodim 1009 Pelaihari terhadap organisasi kepemudaan Himpunan Mahasiswa Pelajar Tanah Laut (HMPTL) yang belum lama tadi melaksanakan kegiatan Jum’at bersih. Atas dasar ide itu maka terlihat aksi nyata dan terasa langsung dilapangan, keberadaan organisasi itu pun terasa hadir ditengah-tengah masyarakat.

“Organisasi kepemudaan sejatinya pun harus dijauhkan dari unsur politik yang terlalu kental, nanti ada anggapan mendukung salah satu parpol terlebih saat sekarang tengah berlangsung tahapan Pemilu gubernur dan wakil gubernur Kalsel,”terang Dandim.

Langkah yang kini dilakukan Kodim 1009 Pelaihari sendiri yakni tengah membangun koordinasi dan pembinaan bersama komunitas. Komunitas merupakan kumpulan kegiatan hobby, namun Dandim menekankan kepada komunitas jangan hanya membangun solidaritas dari dalam, akan tetapi kegiatannya harus keluar.

Dimasa pandemi covid 19 ini kata Dandim, komunitas juga disarankan membantu Pemerintah mensosialisasikan 3M, jika butuh pembagian masker atau pemberian sembako bisa untuk koordinasi dengan instansi lain termasuk dengan Kodim 1009. Namun digaris bawahi, ide awalnya dari organisasi itu sendiri alias tidak selalu bergantung.

Kodim 1009 Pelaihari juga memberikan apresiasi kepada organisasi kepemudaan antara NU dan Muhammadiyah yang telah berkolaborasi pada pelantikan bersama belum lama tadi.

Lantas apresiasi seperti apa yang menjadi pencermatan Kodim 1009 Pelaihari ?

Sebagai sesama anak bangsa kata Dandim, tujuannya jelas ada dalam UUD 1945 salah satunya mencerdaskan kehidupan bangsa, dimana tujuan akhir dari pendiri bangsa ini menciptakan masyarakat adil dan makmur. Setiap orang punya pandangan pribadi yang berbeda.

“Pelantikan bersama adalah sebuah terobosan, disitu nilai-nilai idealisme organisasi tidak ditonjolkan, akan tetapi lebih cenderung menyatukan berbagai macam organisasi dalam suatu bingkai untuk bersama-sama membangun bangsa. Terobosan ini semoga menjadi masukan yang baik ditingkat provinsi atau nasional, kenapa ditingkat kabupaten saja bisa bersatu,”papar Dandim.

Menurut Dandim pula, kebersamaan organisasi kepemudaan NU dan Muhammdiyah di Tala menjadi harapan untuk menanggkal isu-isu hoax, mewaspadai dan mendeteksi adanya pihak-pihak yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan khusunya di Tanah Laut, tutup Dandim.

Penulis: Basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed