oleh

Maksimalkan Peran Balitbangda Untuk Provinsi, Kabupaten dan Kota

Banjarmasin, BARITO – Keberadaan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalimantan Selatan, kedepannya diharapkan perannya lebih dimaksimalkan, apalagi tahun depan Balitbangda bakal digabung dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Harapan tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalsel Roy Rizali Anwar didampingi Kepala Bappeda Kalsel Nurul Fajar Desira kepada wartawan di Banjarmasin, Rabu (7/4/2021).

Roy yang ditemui usai rapat dengan Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) III mengatakan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kalsel diharapkan para peneliti yang terdapat di Bumi Lambung Mangkurat yang memiliki kemampuan mumpuni agar dapat dikembangkan.

“Kita akan maksimalkan untuk pengembangan pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota,” ucap Roy.

Dikatakan Roy, dengan rencana penggabungan Balitbangda ke Bappeda, maka diharapkan dapat terjalin sinergitas yang bagus, sehingga penganggaran dapat dengan mudah dilakukan.

“Kita kawal mulai dari penganggaran, sarana prasarananya maupun peningkatan sumber daya manusia (SDM),” ujarnya.

Ditambahkan Kepala Bappeda Kalsel Nurul Fajar Desira, pada kesempatan penyampaian LKPj Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2020 terdapat juga penyampaian anggaran yang telah dipergunakan sekaligus evaluasi.

“Sudah kita sampaikan laporan beserta tanggapannya,” kata Fajar.
Lanjut Fajar, terkait rekomendasi maupun saran yang dilontarkan oleh DPRD Kalsel akan dilakukan dikemudian hari setelah dilakukan pembahasan.

Ketua Komisi III DPRD Kalsel H Sahrujani menuturkan pihaknya di Pansus LKPj III telah mengundang empat dinas yang menjadi mitra kerja di Komisi III, yakni Bappeda, Dinas PUPR, Dinas Perkim dan Balitbangda.
Dari pertemuan ini, lanjut Sahrujani, telah kita perdalam tentang materi yang disampaikan nanti selanjutnya akan kami adakan rapat diintern pansus.

“Seperti apa nanti rekomendasi yang akan kita keluarkan, maka kita tunggu di rapat paripurna istimewa, yang akan mengeluarkan rekomendasi tersebut,” kata Sahrujani.

Politisi Golkar ini menyatakan persentasi yang disampaikan para mitra kerja yang kami undang bahwa pencapaian kinerja mereka rata-rata diatas 90 persen dan juga ada hasil yang sudah 100 persen.

“Dari hasil pertemuan ini akan kita rapatkan diinternal pansus, setelah itu akan kita keluarkan rekomendasi pansus,” tandasnya.

Sahrujani menyatakan dari hasil rapat Pansus LKPj III dengan para mitra kerja ini, menurut kami sudah sesuai ketentuan.

Penulis : Sopian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed