Lemak Nabati Santan untuk Kesehatan

by adm barito post
0 comment 2 minutes read
Santan Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

BARITOPOST.CO.ID – Meski mengandung lemak yang cukup tinggi, jenis lemak yang terkandung pada santan adalah lemak nabati yang sehat. Santan juga mengandung vitamin B dan antioksidan yang cukup tinggi.

Baca Juga: Pelindo Sub Regional Kalimantan Salurkan 45 Ekor Hewan Kurban dan Program TJSL

Kandungan nutrisinya yang berlimpah, manfaat santan bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan, seperti dilansir aladokter.com, yakni :

Menjaga kadar kolesterol baik

Sebagian besar orang mungkin menganggap santan dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Padahal, santan tidak mengandung kolesterol jahat dan justru bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah. Hal ini berkat kandungan lemak sehat dan zat asam laurat yang terdapat pada santan.

Baca Juga: Bagikan 840 Kupon, Bank Kalsel Salurkan Daging Kurban

Berkat manfaat santan yang satu ini, tubuh bisa terhindar dari penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung. Untuk memperoleh manfaat santan tersebut, hindari mengonsumsi santan dengan gula atau makanan tinggi kolesterol, misalnya jeroan atau daging berlemak.

Menjaga berat badan ideal

Santan mengandung lemak sehat yang disebut medium-chain triglycerides (MCTs). Beberapa penelitian menyatakan bahwa jenis lemak tersebut dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Dengan demikian, santan dapat menjaga berat tubuh agar tetap ideal.

Baca Juga: Bagikan 840 Kupon, Bank Kalsel Salurkan Daging Kurban

Namun, perlu Anda ingat, tetaplah konsumsi santan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Hal ini karena berat badan Anda tetap bisa naik apabila mengonsumsi makanan bersantan dalam jumlah banyak.

Memperkuat sistem imun tubuh

Beberapa studi menunjukkan bahwa zat asam laurat yang ada pada santan tak hanya dapat menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh, tetapi juga memperkuat daya tahan tubuh.

Baca Juga: Bagikan 840 Kupon, Bank Kalsel Salurkan Daging Kurban

Bersama dengan kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya, seperti protein, santan dipercaya dapat memperkuat sistem imun sehingga tubuh lebih kuat melawan penyakit infeksi, misalnya influenza. Selain itu, santan juga diketahui bermanfaat untuk menjaga kuman baik (probiotik) di saluran pencernaan.

Meningkatkan kinerja dan fungsi otak

Manfaat santan juga diketahui baik untuk memelihara kesehatan otak dan menjaga agar otak tetap berfungsi dengan baik. Kandungan lemak sehat MCT, antioksidan, dan protein pada santan berperan sebagai sumber energi untuk otak. (*)

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment