Lebih Sepekan Air Leding Nangkaya Kopi

Air leding keruh sejak beberapa hari ini dirasakan sebagian warga Banjarmasin.

Banjarmasin, BARITO – Air keruh seperti kopi kembali terjadi dalam produksi ledeng PDAM Bandarmasih. Tak tanggung air keruh ini terjadi dalam kurun waktu yang lama bahkan ada yang sudah mengalami hingga sepekan lebih.

Dampaknya, warga tidak bisa mendapatkan air bersih dan terpaksa membeli air bersih namun dengan harga yang jauh lebih mahal.

Menurut keterangan beberapa warga yang terdampak, air keruh terjadi di wilayah Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Selatan. Warna kekeruhannya berbeda-beda ada yang keruh biasa ada juga keruh yang hampir menyamai air kopi.

Air keruh tersebut banyak diposting oleh sejumlah pelanggan di akun Facebook.

Menanggapi itu, Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, Supian, berdalih bahwa pihaknya saat ini lagi masa perawatan pipa dengan cara memflasing air ledeng.

Itu dilakukan karena, kondisi air baku kemarau lalu kualitas Ph nya sempat menurun drastis. Sehingga terpaksa produksi air dikurangi dan saluran jaringan perpipaan juga tidak optimal.

“Sekarang air sudah normal, nah namun saat pengoptimalan produksi air ke saluran perpipaan ternyata membawa endapan seperti lumpur, akhirnya yang keluar berupa air keruh,” bebernya.

Supian melanjutkan, saat ini pihaknya secara besar-besaran melakuakan flasing perpipaan di wilayah  Banjarmasin Timur dan Selatan. Itu bertujuan, membuang habis air keruh tersebut, sehingga dengan dilakukan itu tidak lama lagi kondisi air ledeng akan normal seperti biasanya.

“Kami upayakan dalam minggu-minggu ini juga persoalan air bisa kita kembalikan dalam kondisi yang baik,” tuturnya.

Penulis: Hamdani

Related posts

Belanja Di Tempat Wajib Pajak, Warga Banjarmasin Bisa Mendapatkan Umrah

Wifi Fasum Tidak Bisa Diakses, Kominfo Bersama Dinas Terkait Segera Memperbaikinya

Sidang Dugaan Korupsi di BPR Alalak Batola, Ini Kata Saksi Ahli