Latih Kebiasaan Masyarakat, DLH Banjarmasin Gelar Lomba Kebersihan Antar Kelurahan

Banjarmasin, BARITO – Latih kebiasaan masyarakat yang mandiri dalam pengelolaan sampah di lingkungannya. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin gelar lomba kebersihan antar kelurahan se Kota Banjarmasin.

Saat ini pelaksanaan lomba sudah memasuki tahapan dua dan sudah menemukan pemenangnya per Senin (2/11).

Menurut Kepala Bidang Kebersihan DLH Kota Banjarmasin, Marzuki, enam pemenang yang berhasil lolos itu dari 25 perserta, yang kemudian menyusut hingga ditemukannya satu sampai enam terbaik.

“Tahap dua ini dimenangkan oleh Kelurahan Sungai Andai, kedua Kelurahan Pekauman, ketiga Kelurahan Sungai Lulut, Harapan I Kelurahan Telawang, Harapan II Kelurahan Teluk Dalam, Harapan III Kelurahan AKT, Harapan IV Kelurahan Teluk Tiram, Harapan V Kelurahan Pemurus Luar, Harapan VI Kelurahan Basirih Selatan
Harapan VII Kelurahan Surgi Mufti,” bebernya saat di temhi di Balai Kota Banjarmasin, Senin (2/11).

Ditanya apa yang menjadi nilai tertinggi dalam seleksi lomba. Marzuki menyatakan, Bank Sampah dan Pusat Daur Ulang Skala Rumah Tangga menjadi nilai tertinggi dalam penentapan Lomba Kebersihan antar kelurahan di Banjarmasin. Dua item itu karena efektif melatih kebiasaan masyarakat dalam hal kebersihan.

“Sebenarnya tujuan lomba kebersihan ini adalah bagaimana kita sudah memiliki sistim pengeloaan sampah di tingakat kelurahan. Dengan begitu, setiap warga bisa terpantau siapa saja yg membuang sampah di lingkungannya,” bebernya.

Sementara itu Sekretaris Lurah Sungai Andai, Nur Inayah mengatakan, terpilihnya juara pertama di wilayahnya itu berkat kerjasama masyarakat khususnya RT 69, 39, Puskesmas dan kantor Lurah yang disiapkan sejak awal tahun ini dalam pengelolaan sampah dan kebersihan.

“Sebenarnya tak hanya dalam lomba kebersihan, lingkungan kami memang sudah terjaga soal kebersihan. Mudahan kami bisa bertahan hingga tahap tiga nanti,” tutupnya.

Penulis: Hamdani

Related posts

Konsolidasi Bawaslu RI dengan Media Sebagai Pilar Demokrasi

PLN IP UBP Barito Perkuat Kesejahteraan Tenaga Kerja dalam Momentum Hari Buruh Menuju Lingkungan Kerja yang Produktif

Cegah Radikalisme, BNPT Gelar Smart Indonesia Bersatu Bangsaku