Lanjutkan Perjuangan di Jakarta, KAKI Kalsel Desak Kapolri Usut Longsornya Jalan Nasional di Tanbu

by baritopost.co.id
1 comment 2 minutes read

Jakarta, BARITO – SETELAH minggu sebelumnya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Kalsel menggelar aksi demo di DPRD Kalsel menuntut para wakil rakyat memanggil perusahaan tambang batu bara yang diduga menjadi penyebab longsornya Jalan Nasional di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), LSM dipimpin H Akhmad Husaini ini melanjutkan perjuangannya di Jakarta. Melalui perwakilannya di Jakarta KAKI Kalsel mengggelar aksi di Kementerian ESDM, Selasa (11/10/2022).

LSM KAKI Kalsel dan Kaki Jakarta mendesak Kementerian ESDM selidiki terkait jalan longsor di Desa Satui Barat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Selasa (11/10/2022).
Kementerian ESDM diminta memeriksa izin usaha pertambangan (IUP) perusahaan yang melakukan usaha di lokasi Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.
“Diduga menyebabkan longsor jalan nasional sehingga merugikan negara dan masyarakat,” ujar Tubagus Fahmi, perwakilan LSM KAKI Kalsel dan KAKI Jakarta

Menurut Fahmi KAKI Kalsel dan KAKI Jakarta mewakili masyarakat Kalsel juga mendesak Kapolri melakukan penyelidikan atas longsornya jalan nasional akibat pertambangan yang diduga menyalahi aturan.
“Pak Kapolri tolong periksa siapa yang membuat AMDAl dan penyusunan RKAB pertambangan yang sangat berdekatan dengan jalan nasional yang berlangsung lama,fakta sudah dua kali berakibatnya longsor dan jalan nasional hancur,” kata mereka.

Baca Juga:
Diduga sering Transaksi Sabu, Rumah Warga Alalak Selatan Ini Digerebek Polisi
Pohon Tumbang di Kawasan Kuripan saat Hujan Macetkan Jalan

Ketua LSM KAKI Kalsel H Akhmad Husaini yang dihubungi via ponsel membenarkan aksi KAKI Jakarta yang merupakan perwakilan dari KAKI Kalsel.

Menurut pria yang akrab disapa Usai ini pihaknya sangat prihatin melihat kondisi jalan nasional yang longsor dan rusak parah serta mengakibatkan terganggunya arus transportasi darat. Padahal jalan yang longsor tersebut dibangun pemerintah dengan biaya besar untuk kelancaran arus lalulintas dan transportasi masyarakat.

“Kami menduga longsornya Jalan Nasional ini akibat ulah penambang batu bara yang melakukan eksplorasi di samping jalan negara tersebut, karena itu harus diusut tuntas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” tegas Usai

LSM KAKI Kalsel sambung pria tinggi besar yang kerap menggelar aksi di KPK dan Kejagung Jakarta mengingatkan bahayanya melakukan penambangan batu bara di dekat jalan nasional. Hal ini akhirnya terbukti dengan peristiwa longsor seperti yang terjadi di Km 171 Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu.

“Wajar jika masyarakat mendesak pemerintah termasuk aparat penegak hukum untuk mengusut kasus longsornya Jalan Nasional tersebut, sebab jalan itu dibangun atas pajak yang rakyat bayar kepada negara,” pungkas Ahmad Husaini

Penulis / Editor : Mercurius

You may also like

1 comment

Mengenal Akhmad Husaini, Mantan Jurnalis yang kini Aktivis Anti Korupsi - Barito Post 05 Desember 2022 - 10:55

[…] BACA JUGA: Lanjutkan Perjuangan di Jakarta, KAKI Kalsel Desak Kapolri Usut Longsornya Jalan Nasional di Tanbu […]

Reply

Leave a Comment