oleh

KRI Teluk Lampung Kirim Bantuan Korem 101 ke Lombok

SEKDAPROV Kalsel Abdul Haris, didampingi beberapa pejabat TNI dan Polri, memberikan keterangan pers setelah melepas pengiriman bantuan kemanusiaan Korem 101/Antasari untuk para korban gempa bumi di Lombok, NTB, dengan KRI Teluk Lampung, di pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Ahad (16/9).(foto: ist)

Banjarmasin, BARITO-Korem 101/Antasari kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan berupa makanan, pakaian, perlengkapan mandi, perlengkapan wanita dan anak-anak, selimut, terpal dan lain-lain itu dikirim lewat KRI Teluk Lampung 540 dari pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Ahad (16/9).

Pengiriman bantuan yang dihimpun dari jajaran Kodim dan Batalyon di lingkungan Korem 101/Antasari itu dilepas oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Abdul Haris, yang mewakili gubernur, dalam upacara yang berlangsung di Dermaga 100 Pelindo III Pelabuhan Trisakti, Jalan Barito Hilir, Banjarmasin.

Bantuan termuat dalam 15 truk dan 6 mobil triton dengan jumlah barang sebanyak 3.742 koli dan berat mencapai 36.226 kilogram.

Upacara pelepasan bantuan itu dihadiri Kapolda Kalsel diwakili Direktur Sabhara Kombes Pol M Khosim, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto SE, Danrem 101/Antasari diwakili Kasrem Letkol Inf Rudi Namsyah, Danlanud Syamsudin Noor diwakili Karumkit Syamsudin Noor Mayor dr Irwan Janu Sucipto, Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Teguh Wiratama, Danden POM VI-2 Banjarmasin diwakili Kapt CPM Suhendi, para Kasi dan Kabalak Korem 101/Antasari serta para relawan yang tergabung dalam penggalangan donasi.

Kasrem Rudi Namsyah mengatakan, pengiriman bantuan melalui KRI Teluk Lampung ini merupakan tahap kedua. Sebelumnya, 21 Agustus 2018 lalu,   bantuan tahap pertama ke NTB melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat Hercules.

‘’Pada tahap kedua ini kita bekerjasama dengan TNI AL menggunakan KRI Teluk Lampung. Bantuan yang dikirim ini berasal dari donasi  pemerintah daerah, TNI, Polri dan masyarakat yang dikumpulkan jajaran Kodim di bawah komando Korem 101/ Antasari” sebutnya.

Kasrem juga menyampaikan, sebelum bertolak menuju ke Lombok, NTB, KRI Teluk Lampung akan terlebih dahulu mengambil bantuan serupa ke Balikpapan dan Nunukan Kaltara.

‘’Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kalsel yang telah membantu korban gempa. Semoga bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat Lombok,” kata Rudi.

Sebelumnya, Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya memastikan, pihaknya akan terus mengumpulkan bantuan untuk korban gempa bumi di Lombok.

“Pengumpulan bantuan akan terus berlanjut sampai dengan masyarakat Lombok dapat tercukupi kebutuhannya,” kata Danrem, yang akan mengakhiri masa jabatannya di Kalsel, Selasa 18 September 2018 besok.

Putra pun mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kalsel agar bisa menyumbangkan sesuatu untuk korban gempa Lombok yang bisa diserahkan ke posko-posko pengumpulan bantuan yang ada di Makorem dan satuan jajaran baik Kodim maupun Batalyon.

“Apa saja yang mau disumbang silakan. Mulai sembako, pakaian, selimut, pembalut dan popok bayi, susu, terpal hingga mie instan. Karena bantuan dalam bentuk apapun akan sangat berarti bagi saudara-saudara kita di Lombok,” tandas Putra.ant/ndy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed