Ketua Senkom Kota Banjarmasin Ingatkan Netralitas Anggotanya Jelang Pemilu 2024

SEMATKAN PIN - Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana saat memyematkan pin mitra Polri kepada Ketua Senkom Sukaji, di Mapolresta serempat, Selasa (19/9/2023).(foto :sum/brt)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID Polresta Banjarmasin menggelar pelantikan ketua dan pengurus Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Kota Banjarmasin, periode tahun 2023-2028 di Aula Rupatama Mapolresta setempat, Selasa (19/9/2023) pagi. Sebanyak 8 orang pengurus dan 80 orang anggota Senkom itu diketuai Sukaji yang merupakan kali kedua menjadi pimpinan.

Sukaji dilantik oleh Ketua Senkom Provinsi Kalsel Untung Priyono dan dihadiri langsung Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana Atmojo. Juga disaksikan Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra termasuk Pgs Pasi Ops Kodim 1007/Bjm Kapten Inf Basori.

Baca Juga: Ditreskrimsus Polda Kalsel Datangkan Ahli Ungkap Raibnya Dana Nasabah BRI

Ketua Senkom Kota Banjarmasin Sukaji mengatakan, pihaknya juga memiliki komitmen sebagai mitra polri untuk netralitas jelang pemilu 2024. “Jadi kalau mau berpihak, silakan keluar dari Senkom. Termasuk dua larangan lainnya seperti dilarang keras merokok dan narkoba,”tegasnya.

Selanjutnya tugas utama Senkom melaporkan kepada Bhabinkamtibmas bila ada kejadian. Kemudian peduli kepada korban musibah maupun kebakaran, juga dalam skala besar sepe.

Baca Juga: Ditreskrimsus Polda Kalsel Datangkan Ahli Ungkap Raibnya Dana Nasabah BRI

“Kita baru saja sudah kordinasi dengan KPU dan Bawaslu. Kita harus terlibat dengan aparat baik itu Polri, TNI, steakeholder dan pemerintah, bahwa kita tetap netral dalam segi pengamanan,”tandasnya.

Bahkan sebelumnya, dua minggu lalu ada salah sstu caleg partai memasang baleho di depan markas Senkom Kota Banjarmasin Jalan A Yani Km 3 samping Flyover. “Jadi langsung kita koordinasi dengan Satpol PP agar segera mencabutnya karena kami juga tidak pernah mengijinkannya,”ingat Sukaji.

Baca Juga: Ditreskrimsus Polda Kalsel Datangkan Ahli Ungkap Raibnya Dana Nasabah BRI

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito menambahkan, kegiatan ini merupakan wadah yang peduli dengan keamanan dan kertetiban sebagai sentra komunikasi kepada masyarakat Kota seribu sungai ini.

“Senkom ini tujuannya untuk menyampaikan kepada masyarakat pentingnya keamanan situasi dan kondusif, apalagi menjelangnya pemilu tahun 2024 ini,”terang Sabana kepada awak media.

Baca Juga: Ditreskrimsus Polda Kalsel Datangkan Ahli Ungkap Raibnya Dana Nasabah BRI

Ia juga menyatakan tak menutup kemungkinan, tugas Senkom sendiri dapat membantu pihaknya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan masyarakat. “Seperti berita hoax dan isu-isu yang tak baik, tugasnya memberikan informasi kepada bhabinkamtibmas dan kemudian diteruskan kepada Polres, semua informasi akan kita olah,”sebutnya.

Apalagi menjelang pemilu 2024, Sabana berharap kepada Senkom Kota Banjarmasin bisa berjalan dengan aman dan kondusif. Dan mereka mereka juga ada laporan keamanan tiap hari di lingkungan masing-masing.

Penulis : Arsuma
Editor : Mercurius

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

1.200 Kicau Mania Antusiasme Ikuti Lomba Burung Berkicau Kapolresta Banjarmasin Cup

Korban Tenggelam Terjun ke Sungai dari Jembatan Basirih Ditemukan

Operasi Rutin Ditreskrimsus Polda Kalsel Amankan 500 Ton Batu Bara Ilegal