Kementrian PANRB Sanjung SP4N-LAPOR Milik Pemko Banjarmasin

by admin
0 comment 2 minutes read

Banjarmasin, BARITO
Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N-LAPOR!) milik Pemko Banjarmasin mendapat sanjungan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) setelah berkunjung di Balai Kota Banjarmasin, Kamis (23/5).

PANRB yang saat itu diwakili Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan SIPP, Muhammad Imanuddin. Imanuddin menyebutkan, perkembangan SP4N-LAPOR! di Kota Seribu Sungai ini sangat signifikan bila dibanding dengan kota-kota lain.

“Percepatan perbaikan pelayanan publik di Banjarmasin melalui aplikasi Lapor sangat bagus untuk kelas kota ini. Meskipun belum langsung melihat datanya, tapi kami yakin kota ini sudah sangat bagus dalam menjalankan layanan ini dan juga bisa dikatakan Lapor di kota ini diatas angka standar nasional,” katanya disela kunjungan di ruangan Comment Centre didampingi Kabag Humas Pemko Banjarmasin, Yusna Irawan dan Kasubag Kasubag Pengelolan Lapor dan Pengaduan Humpro Kota Banjarmasin, Novri Gitayanti.

Imanuddin melanjutkan, layanan Lapor ini perlu dilakukan agar mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi standar pelayanan yang berada serta pengaduan pelayanan publik di seluruh Indonesia. Di Banjarmasin, menurutnya tinggal penambahan sedikit dari sisi SDM nya. Sebabnya, pengelola Aplikasi Lapor ini tidak mesti terpaku pada satu atau dua staf saja, namun kalau bisa setiap SKPD memiliki SDM itu.

“Apabila SDM pengelola aplikasi Lapor ini ditingkatkan, maka semakin baik pula mengcover pengaduan masyarakat. Yaa kalau bisa setiap SKPD ada,” tuturnya.

Ditanya soal peningkatan SDM apakah perlu penambahan anggaran, Iman menjawab tidak perlu. Sebab, zaman sekarang tidak mungkin sedikit orang yang paham IT dalam mengelola aplikasi.

“Tidak perlu menambah anggaran, tidak mungkin setia skpd tidak ada yang ngerti IT. Karena pergaulan pemuda saat ini IT sudah menjadi bagian kehidupannya, tentu banyak potensinya dan pemuda juga bisa kita ambil gagasan-gagasannya itu,” bebernya.

Kasubag Pengelolan Lapor dan Pengaduan Humpro Kota Banjarmasin, Novri Gitayanti, menyambutan baik kedatangan rombongan dari Kementrian PANRB. Menurut Novri, banyak masukan yang diterima pihaknya dari Kementrian PANRB. Diharapkannya, kedepan layanan masyarakat berbasis on line itu semakin maju dan berkembang khususnya di Pemko Banjarmasin.

“Alhamdulillah, kedatangan pak Imannudin tadi langsung disambut oleh Walikota. Mudahan ini dapat menambah pengalaman dan masukan daripada Aplikasi Lapor. Beliau mengaku perkembangan lapor di kota ini sangat bagus,” tuturnya.

dan

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment