Kalsel, Daftar Tunggu Keberangkatan Haji 38 Tahun

Narasumber Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Rusbandi, juga hadir pula sebagai pembicara H Ahmad Safwani (Penyusun Bahan Pengawasan PIHK dan Umrah), Rasyid Luthfiyana (Analis Kebijakan), H Edy Murdiyanto (Pengelola Barang dan Jasa), H Nofirman (Pranata Komputer) (foto:barito post)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Daftar tunggu keberangkatan haji di Kalsel telah bertambah menjadi 38 tahun, atau naik 2 tahun dari 36 tahun pada tahun sebelumnya.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan (Kalsel), H Muhammad Tambrin, mengakui, daftar tunggu keberangkatan haji di Kalsel meningkat drastis.

“Hingga Oktober 2023, pendaftaran haji di Kalsel mencapai angka 132.118 orang,” sebut HM Tambrin dalam sambutannya di Media Gathering Kanwil Kemenag Kalsel, di Fugo Hotel Banjarmasin, Sabtu (14/10/2023).

BACA JUGA: Jamin Rupiah Berkualitas Hingga ke Pelosok Negeri

Kalsel, sambungnya, menjadi provinsi tertinggi dalam daftar tunggu keberangkatan haji di Indonesia.

Meski begitu, paparnya, jika dilihat dari perspektif kabupaten/kota, Kabupaten Sidrap di Sulawesi Selatan (Sulsel) memiliki daftar tunggu keberangkatan haji terpanjang, mencapai 40 tahun.

Penyebab utama dari panjangnya antrean daftar tunggu keberangkatan haji di Kalsel adalah kuota haji yang terbatas.

Tahun 2023, kuota keberangkatan haji di Kalsel hanya 3.836 orang. “Jadi, kuota haji yang terbatas inilah, daftar tunggu keberangkatan haji bisa mencapai 38 tahun,” tandas mantan Kepala Kemenag Tanah Laut ini.

BACA JUGA: Keluarga Besar Bank Kalsel Ikut Meriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Kalsel, Rusbandi, berharap dukungan jurnalis dalam penyelenggaraan keberangkatan haji setiap tahunnya. “Pentingnya sinergi dan kerjasama antara Kemenag Kalsel dan jurnalis dalam menyebarkan informasi akurat dan cepat ke masyarakat,” tuturnya.

Sebab itu, Ia pun mengapresiasi langkah ke depan dalam mensukseskan penyelenggaraan keberangkatan haji. “Kegiatan Media Gathering bertajuk ‘Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah’ memperkuat hubungan antara Kemenag Kalsel dan media, serta meningkatkan pemahaman masyarakat tentang proses haji,” imbuhnya.

BACA JUGA: Ayo…Segera Customer Ambil Free Jasa Service Mobil Daihatsu di Kalsel

Selain H Muhammad Tambrin dan  H Rusbandi, juga hadir pula sebagai pembicara H Ahmad Safwani (Penyusun Bahan Pengawasan PIHK dan Umrah), Rasyid Luthfiyana (Analis Kebijakan), H Edy Murdiyanto (Pengelola Barang dan Jasa), H Nofirman (Pranata Komputer).

Editor: Afdiannoor Rahmanata

Follow Barito Post klik Google News 

Related posts

Tekan Angka Stunting, AIMI Kalsel Gelar Workshop MPASI dan Menyusui bagi Kader Posyandu di Banjarmasin

Workshop Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2024

Satu-satunya di Kalimantan, RSUD Ulin Banjarmasin Layani Neurointervensi