Jelang Pemilu 2024, KPMP Kalsel Edukasi Pemuda Pahami Pancasila

by baritopost
0 comment 1 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Menjelang Pemilu 2024, Komando Pejuang Merah Putih (KPMP) memberikan edukasi kepada pemuda untuk memahami pancasila sebagai dasar negara. “Jadi edukasi kita, yakni diskusi dan hasilnya dapat ditularkan ke generasi muda. Pemuda memiliki kontribusi besar di Pemilu 2024,” ucap Ketua KPMP Kalsel Ir Adhi Surya Said MT, dalam Talk Show “Pandangan Generasi Muda Terhadap Pancasila Sebagai Way Of Life dan Sebagai Dasar Negara Menghadapi Pemilu 2024” di Hotel Summer Banjarmasin, Minggu (25/9/2022).

Hadir bersama Datuk Cendekia Hikmadiraja Kesultanan Banjar Dr Taufik Arbain, tokoh pemuda Masbukhin MM, serta pemuda dan mahasiswa di Kota Banjarmasin.

BACA JUGA: Doa Bersama Damai Banuaku, KMK Dukung Tahapan Pemilu Yang Aman

Ia berharap pemuda tidak abstein dalam Pemilu 2024. “Smartphone luar biasa terhadap isu-isu yang ada di negeri ini. Jadi edukasi kita memberikan semangat memahami pancasila. Dan mereka jangan sampai golput pada pemilu 2024 mendatang,” kata dosen muda ini.

Sementara itu, Datuk Cendekia Hikmadiraja Kesultanan Banjar Dr Taufik Arbain, mengungkapkan, Pancasila sebagai Way Of Life menjelang Pemilu 2024, yakni berkaitan ideologi, bahwa Pancasila dengan nilai keagamaan sudah diterima seluruh Bangsa Indonesia.

Kemudian, sebut dosen FISIP ULM ini, Pancasila menjadi jalan pergerakan demokrasi. “Jadi Pancasila memberikan kontribusi nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Dan memberikan kontribusi pula terhadap dinamika kebijakan yang membela kepentingan rakyat. Lalu memperkuat kebangsaan, sebab Pemilu 2024 masih akan terlihat, seperti politik identitas, suku, dan lainnya, termasuk ruang Pilkada,” tuturnya.

BACA JUGA: Persiapan Pemilu 2024, Wakapolda Kalsel Beri Pengarahan Ratusan Bhabinkamtibmas

Semua itu, sambungnya, menjawab kehadiran Pancasila sebagai Way Of Life menjelang Pemilu 2024.

Senada itu, tokoh pemuda Masbukhin MM mengakui, pemuda memberikan kontribusi besar di Pemilu 2024 nanti. “Mulai hak, pemilihan, dan pengawalannya perannya sangat besar. Jadi kita utamakan persatuan di kalangan pemuda. Jangan sampai pemuda bermusuhan dan pecah belah,” imbuhnya.

Penulis : Afdi

You may also like

Leave a Comment