Imbas Naik BBM, Harga Dagangan Pun Naik

by baritopost
0 comment 1 minutes read

Banjarmasin, BARITOKenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) akan berimbas ke kebutuhan pangan masyarakat. Hal ini pun meresahkan masyarakat dan pedagang pasar tentunya. Pedagang sayur keliling Siti di Kuin, Banjarmasin Utara khawatir kenaikan harga BBM berimbas ke harga dagangannya.

Jika harga sayur-sayuran naik, Ia mengatakan akan ada penurunan penjualan karena pembeli diyakini menurunkan belanjaannya. “Iya sekarang harga
BBM naik, ke depan pasti terpengaruh ya sekarang tapi belum. Cuma kan kalau harga-harga naik pasar jadi sepi, pembeli belanjanya dikurangi,” ucapnya, Rabu (7/9/2022).

Untuk saat ini, Ia memastikan belum ada kenaikan harga mulai dari jenis-jenis cabai, bawang, sampai sayur-mayur. “Kenaikan belum ada ya, masih stabil aja harga sayuran, cabai rawit merah Rp 60.000/kg, cabai keriting merah aja yang naik tapi udah lama jadi Rp80.000/kg dari Rp
50.000/kg. Bawang putih juga masih stabil Rp24.000/kg, bawang merah Rp 25.000/kg,” terangnya.

Kekhawatiran akan ada menaikkan harga pangan juga diresahkan kaum ibu-ibu rumah tangga. Seperti yang diungkapkan Fitri warga Jl HKSN.
Menurutnya belanja Rp100.000 saja tidak akan cukup. “Kalau anggota keluarganya sedikit beli 1 ayam cukup ya, kalau kaya saya banyak kan beli 1 tak cukup, paling nggak beli 2 kan. Belum bumbunya sudah Rp 100.000 sendiri itu. Masa saya makan ayam aja, harus beli beras, sayuran,” jelasnya.

Penulis : Afdi

You may also like

Leave a Comment