oleh

Hujan Deras Guyur Banjarmasin, sejumlah Pohon Tumbang

Banjarmasin, BARITO – Hujan deras yang terjadi selama satu jam disertai guntur dan petir di Kota Banjarmasin membuat pohon di kawasan jalan pramuka tumbang, Kamis (8/4/2021) sore sekitar pukul 17.00 Wita. Bahkan pohon Jingah di depan Komplek Rahayu Kelurahan Sungai Lulut Banjarmasin Timur itu patah.

Batang pohon liar sepanjang enam meter dengan diameter 20 cm itu gugur persis di jembatan Jalan Pramuka, akibatnya membuat jalan macet sepanjang satu Km hingga senja.

Dalam kejadian itu tidak ada korban mengenai warga maupun pengendara. Pohon Jingah itu berada di tanah milik SPBU yang baru di bangun atau tepatnya di ujung agen tabung 3 Kg Elpiji.

Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin Nanan saat ditemui di lokasi mengatakan, selain mbuat macet jalan, batang pohon juga membuat listrik padam. “Batang pohon yang jatuh mengenai kabel SUTM sebanyak tiga tiang, “sebutnya.

Tiga tiang bagian Saluran Tegangan Menengah itu memang tidak membuat putus kabel. Namun trabes atau palang besi menjadi patah hingga listrik padam.

Selanjutnya bersama pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin menurunkan sebanyak 10 orang. Menggunakan gergaji mesin atau Chinsaw Batang pohon dipotong menjadi kecil atau ukuran setengah meter.

Nanang yang didampingi Lurah Sungai Lulut Umar juga turun ke lapangan
Umar menambahkan, selain di Jalan Pramuka, pohon tumbang juga ada di
di dalam Komp Pamen A Yani. Bahkan juga ada di Jalan Zapri Jam-jam Kelurahan Belitung Selatan Banjarmasin Tengah, pohon juga tumbang ke jalan tepatnya di samping RS Suaka Insan atau rumah Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalsel.

Batang pohon parah itu memang tidak biasa
biasanya akar tidak tahan akibat pohon kena angin. namun kali ini karena patah mengenai kabel listrik SUTM, salah satunya kabel

Penulis: Arsuma
Editor : Mercurius

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed