Hanya 380 Ton Stok Cadangan Beras Pemerintah

Bagaimana Jelang Ramadan Tahun Ini

by adm barito post
0 comment 2 minutes read
Beras Bulog Terbatas dan Butuh Persediaan tambahan (foto:ist)

Jakarta, BARITOPOST.CO.ID – Perum Bulog melaporkan bahwa Cadangan Beras Pemerintah (CBP) saat ini hanya mencapai 380.000 ton saja. Stok ini menipis jika dibandingkan dengan awal bulan Februari lalu 594.000 ton.

Meski demkian Bulog memastikan stok ini mencukupi untuk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran, sebab pihaknya masih akan menyerap beras dari panen raya yang akan datang.

“Saat ini cadangannya memang 380.000 ton, tapi kita masa panen raya nih, begitu kita ambil langsung kita gunakan,” kata Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) saat dijumpai di Transmart Cempaka Putih, seperti dilansir kontan.

BACA JUGA: Kotabaru Siap Terapkan Siswaskeudes

Buwas mengatakan seiring berjalannya masa panen Bulog akan mulai menyerap beras dari petani. Ia juga melaporkan saat ini pihaknya sudah mulai menyerap beras dari panen raya awal dan sudah mendapatkan 18.000 ton beras.

Jumlah tersebut memang masih jauh lebih rendah dari target yang ditetapkan pemerintah yaitu 2,4 juta ton serapan untuk tahun 2023.

Namun kata Buwas, hal ini karena beras yang ada saat sekarang juga banyak diambil oleh kepentingan-kepentingan konsumen seperti di penggilingan, rumah tangga hingga swasta.

BACA JUGA:Jelang Ramadhan 2023, Hiswana Migas: Ketersedian dan Stok LPG Mencukupi di Kalsel

Sementara, Bulog tidak dapat menyerap maksimal jika stoknya terbatas. Sebab, Bulog sifatnya buffer stock atau pengamanan beras.

“Mamang jauh banget (dari target). Tapi saya bilang, bukan saya tidak mau menyerap tapi karena sekarang produktifitasnya terbatas,” kata Buwas.

“Kalau lebih ya kami ambil, kalau kurang kami jadikan masalah di lapangan dong, datanya kurang,” imbuhnya. (*)

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment