oleh

GOTA FKG ULM Bantu Mahasiswa Terdampak Pandemi

Banjarmasin, BARITO – Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan tak hanya melonjakkan angka warga terpapar. Namun juga memperparah dampak sosial ekonomi, termasuk di bidang pendidikan. Akibat menurunnya kemampuan ekonomi keluarga di masa pandemi, tak sedikit pelajar dan mahasiswa kesulitan memenuhi biaya kuliah.

Prihatin terhadap kondisi itu, kalangan sivitas akademika Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat (FKG ULM) meluncurkan Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA). Aksi solidaritas ini untuk membantu mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19.

Wakil Dekan FKG ULM Irham Taufiqurrahman mengakui, cukup banyak mahasiswa di kampusnya terdampak pandemi. ‘’Ada yang kemampuan ekonomi keluarga menurun, ada yang meninggalnya orang tua terkasih sehingga menjadikan sebagian dari mereka yatim dan piatu,’’ katanya di Banjarmasin, kemarin.

Kondisi tersebut menggugah kalangan sivitas akademika FKG ULM untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi generasi baru calon dokter gigi.

‘’Jangan sampai mereka putus studi hanya karena kemampuan ekonomi terdampak Covid-19, mengingat biaya kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi cukup tinggi,’’ ujar Irham.

Menurut Irham, hingga saat ini ada 24 mahasiswa FKG ULM yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan GOTA.

Adapun sumber pendanaan GOTA yang mulai digelar sejak tahun lalu, imbuh dia, murni berasal dari swadaya sivitas akademika FKG ULM.

Namun, dia mengakui, terbatasnya dana yang masuk belum dapat menjawab permasalahan yang ada.
Untuk itulah, FKG ULM melakukan beberapa upaya mengatasi minimnya dana GOTA yang masuk. Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) melalui BSM Umat.

“Jadi siapa pun bisa ikut membantu. Pengumpulan donasi melalui scan barcode QRIS yang bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia,” tutur Irham mewakili Dekan FKG ULM Dr. Drg. Maharani Laillyza Apriasari, Sp.PM.

Sebelumnya, terkait dengan dampak pandemi Covid-19 terhadap ekonomi, pimpinan ULM menerbitkannya surat kepada pimpinan fakultas untuk mengajukan usulan penurunan atau perubahan kategori uang kuliah tunggal (UKT).

Kebijakan Rektor ULM Prof Sutarto Hadi tersebut sangat membantu meringankan masalah dampak pandemi. Setidaknya ada 111 mahasiswa FKG ULM yang mengajukan penurunan UKT pada semester ganjil tahun akademik 2021-2022. ant/dya

Editor: Dadang Yulistya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed