Geger Pengaron !  Ditembak dan Disabet Parang, seorang Pria Paru Baya di Pengaron Tewas Bersimbah Darah

Korban Ditemukan Warga (Foto: Istimewa)

Martapura, BARITOPOST.CO.ID Warga kawasan Pengaron, dibuat geger menyusul tewasnya seorang  warga berusia setengah baya yang diduga akibat ditembak dan disabet dengan parang oleh puluhan preman terkait dugaan sengketa lahan tambang batu bara di Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalsel, Kamis (30/3/2023).

Video korban yang tewas Sabriansyah (60) bersimbah darah di kepala dengan durasi 44 detik beredar luas di sejumlah jejaring sosial. Peristiwa pengeroyokan sekaligus pembunuhan ini terjadi kawasan perkebunan karet di Desa Mangkauk, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalsel pada Hari Rabu (29/3/2023) siang.

Berdasarkan keterangan keluarga korban, bahwa Sabriansyah (60), merupakan warga Jalan Batu Nyaring, Desa Matang Batas, Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin.

Dikutip dari akun instagram inc.kalsel menurut anak korban Mahyuni (40), kasusnya akibat permasalahan lama, yakni sengketa lahan dengan perusahaan tambang batu bara di wilayah Pengaron. Menurutnya, ayahnya yang tewas terbunuh mempunyai SHM sejak tahun 2001, namun tidak pernah mendapatkan kompensasi atau ganti rugi dari perusahaan tambang batu bara.

Karena itu, beber Mahyuni, pihak keluarganya dan korban sudah beberapa kali berupaya meminta hak korban kepada perusahaan tapi selalu mendapatkan direspon oleh orang  orang yang diduga preman bayaran perusahaan. Karena tidak mendapat tanggapan dari pihak perusahaan tersebut, maka pihak keluarganya memblokir akses jalan angkutan batu bara yang melintas di lahan mereka.

“Dan hari ini tadi puncaknya, hari ini adalah yang kesekian kalinya kita ketemu sama tim mereka yang preman itu, mereka datang dengan 5 buah mobil dan ada sekitar 30 orang,” jelas Mahyuni seperti dilkutil dari IG inc.kalsel, Rabu (29/3/2023).

Mahyuni juga memaparkan, bahwa kedatangan puluhan orang yang diduga preman tersebut sekitar pukul 11.00 Wita. Kemudian salah seorang yang paling tua diantaranya , mencari anak korban (Mahyuni).

“Kita ini keluarga mari kita bicarakan baik-baik, bagaimana kalau pemblokiran atau penguasaan fisik lahah dibuka saja,” ucap Mahyuni menirukan perkataan orang yang diduga suruhan perusahaan tambang batu bara tersebut.

Baca Juga: Berkah Ramadhan Bhayangkari Polsek KPL Berbagi Takjil

Menurut Mahyuni, ia tidak berani dan tidak punya kewenangan mengambil keputusan, karena lahan itu adalah milik keluarganya. Karena itu ia menyarankan agar langsung berbicara kepada pemilik lahan (Sabriansyah).

Setelah itu para preman itu pergi ke rumah pemilik lahan dengan menggunakan sebuah mobil, sedangkan 4 mobil yang lainnya menunggu di lokasi.

Mereka pun berbicara dengan pemilik lahan dan mereka menawarkan untuk pembukaan itu hanya untuk melewatkan tronton yang berisi batu bara itu serta mengajukan penawaran dengan membayar per truk 50 ribu.

Pemilik lahan lalu bertanya pada Mahyuni dan disahuti oleh Mahyuni bahwa ia ikut saja apa yang menurutnya baik serta menurut apa kata yang tua saja.

Korban yang saat itu masih di rumah lalu menyusul ke lokasi karena mengira anaknya berada di lokasi.

Saat sampai di lokasi , korban yang tidak mengetahui bahwa ada orang-orang diduga suruhan perusahan yang membawa  4 mobil itu disana.

Sesampai di lokasi korban langsung digandeng oleh salah satu dari puluhan orang itu,da langsung di hujani para pelaku dengan senjata tajam jenis parang.

Mendapatkan serangan secara tiba-tiba itu korban menangkis sambil mundur sekitar 50 meter.

Melihat korban yang tidak mengalami luka sama sekali membuat mereka kesal lalu salah satu dari mereka mengeluarkan senjata api dan menembak korban tepat di kepala korban sampai tembus.

Mendapat tembakan tersebut korban langsung ambruk ke tanah, melihat korban yang ambruk para pelaku berjumlah puluhan orang menggorok serta menghujami wajah korban dengan bacokan hingga korban tewas.

Melihat korban yang sudah tewas bersimbah darah para pelaku pun langsung kabur.

Baca Juga: 17 Jam Mengapung di Laut Jawa, 6 Crew KLM AB Diselamatkan Awak KMV ICON BRAVO

“Ada sekitar kurang lebih 30 orang yang mengesekusi korban dan ada 7 orang saksi yang melihat kejadian itu,” tambahnya.

Pihak keluarga korban berharap kepada pihak kepolisian agar bisa mengungkap dan menangkap para pelaku yang sudah menghilangkan nyawa korban.

“Kami berharap pihak kepolisian bekerja maksimal untuk mengungkap orang-orang yang menjadi pelakunya dan di hukum dengan seadil-adilnya dan lagi peristiwa ini terjadi dengan tiba-tiba serta mereka jelas sudah merencanakan pembunuhan itu sebab mereka sudah membawa parang dan senjata api,” tuturnya Mahyuni.

Sementara itu pihak Polres Banjar terus melakukan penyelidikan terhadap kasus dugaan pengeroyokan dan pembunuhan terhadap Sabriansyah.

Kapolres Banjar AKBP Ifan Hariyat melalui Kasi Humas AKP Suwarji mengatakan masih menyelidiki kasus pembunuhan terhadap Sabriansyah (60). Selanjutnya beredar kabar, bahwa seorang yang mengaku sebagai pelaku bernama Aya alias Yahya telah menyerahkan diri ke Polres Banjar.

Penulis/Editor: */Mercurius

Baca Juga: Sidang Lanjutan Dugaan Korupsi Mantan Warek UNU, LLDikti Sebut Pemotongan Dana KIP Merupakan Kerugian Negara

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Warga Kambat Utara Diduga Menghilang, Pencarian Libatkan Ratusan Warga

Usai Transaksi Sabu, Dua Pria ini Diciduk di Jalan Akhmad Yani Km 5 Banjarmasin

Aruh Ganal Budaya Banjar Digelar, Ribuan Masyarakat Serentak Pakai Laung Kuning