oleh

Dewan Nilai Kapal Sapu-sapu Tidak Efektif

-Bandarmasih-1.381 views

Banjarmasin, BARITO – Banyaknya eceng gondok yang menghiasi sungai-sungai di Kota Banjarmasin mendapatkan perhatian serius dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin, bahkan keberadaan kapal sapu-sapu juga dinilai tidak efektif, dan perlunya terobosan baru dalam mengantisipasi banyaknya sampah dan eceng gondok di sungai.

Menurut Anggota DPRD Kota Banjarmasin H Asmat  mengungkapkan, banyaknya eceng gondok yang menutupi sungai-sungai di Banjarmasin, harus ditangani secara serius, bukan hanya dari Pemko Banjarmasin, tapi masyarakat juga diharapkan ikut andil dalam kebersihan sungai.

“Memang saat kita melakukan susur sungai, masih banyak eceng gondok yang menutupi sungai-sungai ini, ini perlu perhatian serius, bukan hanya dari Pemko Banjarmasin saja, tapi juga peran serta masyarakat,” katanya.

Asman menambahkan, keberadaan eceng gondok tidak hanya di tengah sungai saja, tapi juga di kolong-kolong rumah warga, sehingga diharapkan peran serta warga agar bisa ikut membersihkan sungai dengan mengangkat eceng gondok yang posisinya di kolong rumah, bisa diangkat ke daratan.

Hal senada juga diungkapkan H Abdul Muis, menurutnya meskipun ada kapal sapu-sapu yang biasa membersihkan sampah dan ilung, namun keberadaanya dinilia tidak efektif, sehingga diperlukannya terobosan baru agar semua sampah bisa teratasi.

Apalagi ungkapnya, Kota Banjarmasin yang berjulukan sebagai Kota Seribu Sungai ini, tentunya menjadi obyek wisata yang bagus, kalau tidak diganggu oleh sampah dan eceng gondok.

Politisi PAN ini berharap pemko menggunakan teknologi baru seperti penggunaan jarring, sehingga semua sampah dan eceng gondok yang berada dia tas sungai, bisa terangkat semua.

“Kalau perlu menggunakan jarring yang sangat besar, sehingga saat eceng gondok dan sampah ini larut di sungai, bisa langsung terkena jarring, dan bisa langsung diangkat ke daratan,” tambahnya.

Karena menurutnya, kalau sungai bersih, tentunya bisa dikonsumsi warga dan juga bisa sebagai aktifitas warga sehari-hari, baik untuk mandi, mencuci dan lain sebagainya. del

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed