oleh

Bidang Tata Kota Dan Kebersihan Akan Bongkar Median Jalan A. Yani

Pelaihari,BARITO – Langkah pembongkaran median Jalan A.Yani akan dilakukan bagian Bidang Tata Kota dan Kebersihan pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Tala, tepatnya pada sebelah kiri dari pintu masuk markas Kodim 1009 Pelaihari.

Akan tetapi pembongkaran median jalan berbahan beton itu tidak banyak, hanya 2 atau 3 buah saja, mengingat adanya permintaan dari pihak Kodim 1009 Pelaihari karena posisi rambu lalu lintas untuk penyeberangan pejalan kaki atau Zebra Cross berada persis menuju beton median jalan, sehingga terkesan buntu dan kurang pas.

“Ya, sudah dimintakan kepada Dinas Perhubungan untuk dilakukan langkah terbaik melihat posisi Zebra cross yang nampaknya tidak pas,”kata Dandim 1009 Pelaihari Letkol Inf Adi Yoga Susetyo.

Terpisah, kepala Dinas Perhubungan Tala Gentry Yulianto Rabu, (10/3) dikonfirmasi mengatakan, memang ada permintaan dari pihak Kodim 1009 secara lisan, dan itu ditindak lanjuti untuk dilakukan pembongkaran sebagian median Jalan yang memang kurang pas posisinya.

“Status jalan itu kewenangan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) dan Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) jalan nasional, jadi koordinasinya dengan pihak terkait,”terangnya.

Ia menambahkan, selain itu juga koordinasi dengan pihak Tata Kota dan Kebersihan pada DPRKPLH Tala guna dibongkarnya sebagian median jalan, dan pembongkaran itu sendiri selebar cukup untuk pejalan kaki, kalau terlalu banyak dibongkar nantinya jadi tempat putar balik kendaraan, sementara sudah ada posisi putar balik kendaraan tidak jauh dari posisi Zebra Cross itu.

Sementara itu Kabid Tata Kota dan Kebersihan Gusti Erzandi Kusuma,ST mengatakan, karena dibidang Tata Kota dan Kebersihan ada pelimbahan dari bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Tala, maka pengerjaan pembongkaran median jalan segera dilakukan.

“Memang kalau dilihat kurang pas posisi Zebra Croos itu ujungnya terbentur median jalan, dan segera dibongkar paling tidak 3 buah median jalan, dengan posisi satu ditengah dan dua buah dibagian kanan kirinya saja yang dibongkar dengan alasan cukup untuk pejalan kaki saja, dan kendaraan roda dua tidak bisa lewat,”jelasnya.

Ia menambahkan, ditahun ini juga akan diteruskan kembali median jalan yang sudah ada sepanjang 1,6 km. Namun penambahan hanya sampai 300-an meter saja, sementara sisa panjang median jalan 950 meter,tutupnya.

Penulis: Basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed