Berawal dari Olahraga jadi Prestasi Dunia

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read

Menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani serta rohani merupakan hal yang penting. Sebab, dengan memiliki tubuh badan yang sehat dan bugar mampu mencegah tubuh terserang penyakit sehingga dapat menjalankan aktifitas sehari-hari. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani yakni salah satunya dengan makan-makanan yang sehat bergizi, atau pola makan 4 sehat 5 sempurna, serta berolahraga.

Makan makanan sehat dan bergizi atau 4 sehat 5 sempurna mengandung nilai gizi seimbang yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Makanan tersebut terdiri dari makanan pokok, sayur, lauk pauk, dan buah, serta nutrisi tambahan yakni susu. Kemudian, tidak lupa mengonsumsi minum air putih minimal delapan gelas atau setara 2 liter per hari, karena pada dasarnya manusia memerlukan asupan cairan pada tubuh yakni sekitar 20%.

Tak hanya itu, olahraga rutin juga sebagai kunci utama untuk menjaga kesehatan. Jenis olahraga yang mudah, murah, aman dan dapat dilakukan dirumah tanpa bantuan alat, yakni jalan-jalan, jogging, push up, sit up, dan squat.

Namun pada saat ini, masyarakat sedang menggandrungi olahraga bulutangkis dikarenakan olahraga tersebut memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yakni membantu menurunkan berat badan, mengurasi risiko diabetes, hingga menguatkan tulang.

Selain itu, cabang olahraga bulutangkis juga banyak memberikan kontribusi dalam kemajuan olahraga Indonesia. Bukti nyatanya yakni Indonesia sering menyumbang banyak prestasi pada ajang bergengsi seperti olimpiade dan turnamen dunia dari tahun 1970 hingga sekarang. Tak heran, Indonesia disegani oleh negara-negara lain.

Bahkan ada beberapa nama atlet Indonesia masuk ke dalam BWF World Rankings yakni Anthony Sinisuka Ginting urutan ke-6 dan Jonatan Christie ke-8 untuk kategori tunggal putra. Sedangkan kategori ganda putra ranking 1 diduduki Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, kemudian diranking 4 Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan, diranking 6 ada Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto. Bahkan kategori ganda campuran Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti menempati ranking 5.

Hal ini membuktikan, menjaga kesehatan jasmani maupun rohani dengan berolahraga dapat diklasifikasikan kesiapsiagaan bela negara, terlebih mampu menorehkan prestasi dikancah internasional dan mengharumkan nama bangsa dan negara. ** (BARITOPOST.CO.ID)

 

Oleh: Liberta Anastasia, A.Md.
*)Peserta LATSAR CPNS Kemkominfo Angkatan 25

You may also like

Leave a Comment