Baznas Resmikan Renovasi 9 Rumah RTLH di Banjarmasin

by baritopost.co.id
2 comments 2 minutes read

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – 9 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Banjarmasin mendapat bantuan mulai renovasi hingga bedah rumah oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Banjarmasin.

Bantuan renovasi rumah itu baru diselesaikan dan diresmikan Oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dr Machli Riyadi, disaksikan Ketua Baznas Provinsi Kalsel Irhamsyah Syafari, Lurah Mantuil serta tokoh masyarakat di Jalan Tembus Mantuil, Gang Hariti, Banjarmasin Selatan, Rabu (25/1/2023).

Menurut Ketua Baznas Kota Banjarmasin, Riduan, pelaksanaan renovasi dan bedah rumah itu merupakan program yang diselesaikan pihaknya tahun dari Desember 2022 hingga Januari 2023. Sedikitnya ada 9 rumah warga di Kota Banjarmasin menerima program itu.

Baca Juga: Wali Kota Resmikan Masjid ‘Ibnu Sina’

“Ada tujuh yang kami renovasi duanya bedah rumah yang ada dibelakang ini. Targetnya adalah rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni,” katanya disela ceremonial peresmian program renovasi rumah tidak layak huni.

Riduan juga mengatakan, bahwa dana bersumber zakat, infaq dan sedekah dari seluruh masyarakat.

Wakil Ketua Baznas, Nortajidi menambahkan. Mereka yang mendapatkan bantuan adalah warga miskin yang memiliki tempat tinggal yang tidak layak. Sebelum menentukan sasaran itu, pihaknya bekerjasama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin untuk memastikan data ‘by name by adress’ dan lebih tepat sasaran.

Nortajidi juga menyampaikan, bahwa pihak menjalankan sedekah Rp 2 ribu pertahun. Sedekah itu dijalankan melalui kupon yang dibagikan ke seluruh lingkungan masyarakat.

Ia bersyukur, dari sedekah 2 ribu itu, sedikitnya telah terkumpul kurang lebih Rp 500 juta. Sumbangan itu digunakan untuk membantu pakir miskin dan warga yang memerlukan bantuan, termasuk renovasi rumah itu.

Sementara itu, Machli Riadi, menyatakan bahwa ini adalah program yang sangat tepat sasaran. Ia bisa langsung melihat rumah yang awalnya tidak layak huni, berkat Baznas menjadi layak huni dan lebih nyaman.

“Kalau nyaman tentu bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Tadi saya lihat semuanya ada di rumah ini baik toiletnya, kamarnya yang pastinya jauh dari awalnya,” katanya.

Baca Juga: Gerakan Bersih Kolong Rumah, DLH Targetkan 100.000 Rumah

Mantan Kadinkes Banjarmasin ini juga mengajak kepada masyarakat baik ASN, pegawai swasta agar menyisihkan zakat maupun sedekahnya ke badan amil, salah satunya seperti Baznas.

Ia menilai, Baznas sudah memiliki program yang nyata dan banyak program sosial lainnya yang dijalankan Baznas.

“Mari seluruh masyarakat sisihkan zakat dan sedekahnya untuk membantu saudara kita. Dan Baznas memiliki program yang nyata,”.

Ahmadi warga penerima manfaat bedah rumah mengaku senang, syukur dan berterimakasih kepada Baznas. Rumah yang dulunya tidak layak, kini jadi nyaman karena bantuan tersebut.

“Terimakasih Baznas, kami senang dan bersukur,” katanya.

Penulis : Hamdani

You may also like

2 comments

PAD Pajak PBB Berpotensi Nambah Rp 50 Miliar - Barito Post 25 Januari 2023 - 17:32

[…] Ponsel di Jalan Veteran Modus Beli… Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat untuk Pembangunan Desa Baznas Resmikan Renovasi 9 Rumah RTLH di Banjarmasin Juara 1 Penilaian Polres/Ta, Polres Kotabaru Terima Penghargaan… Pemkab Kotabaru Terima […]

Reply
Sambut Haul ke-18 Guru Sekumpul, Supian HK Buka Dapur Umum Siapkan Ribuan Paket Makanan dan 500 Liter BBM Untuk Jemaah - Barito Post 25 Januari 2023 - 20:55

[…] Ponsel di Jalan Veteran Modus Beli… Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat untuk Pembangunan Desa Baznas Resmikan Renovasi 9 Rumah RTLH di Banjarmasin Juara 1 Penilaian Polres/Ta, Polres Kotabaru Terima Penghargaan… Pemkab Kotabaru Terima […]

Reply

Leave a Comment