Batola Laksanakan Lomba Inovasi Daerah, Sekda Harap Semua SKPD Terus Ciptakan Inovasi Program dan Kebijakan Daerah

Marabahan,  BARITOPOST.CO.ID – Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Barito Kuala (Batola) melaksanakan Sosialisasi Lomba Inovasi Daerah Dan Bimtek Sistem Informasi Manajemen Daerah Barito Kuala (Sinovara Bakula) Tahun 2024.

Acara yang berlangsung di Aula Mufakat pada Rabu (08/05/2025), secara resmi dibuka oleh Sekda Batola, Ir H Zulkifli Yadi Noor.

Dalam sambutanmya Zulkipli Yadi Noor menyatakan bahwa berdasarkan hasil evaluasi 2 tahun diadakannya lomba inovasi daerah di Barito Kuala tingkat partisipannya dan kematangan inovasi yang didaftarkan masih sangat rendah.

“Hanya untuk sekedar memenuhi kewajibannya 1 SKPD 1 inovasi saja. Evaluasi tahun 2023 dari 47 SKPD pengirim inovasi daerah hanya 20 inovasi saja yang memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam Inovative Govermnance Award (IGA) Kementrian Dalam Negeri, ” ujar sekda.

Kondisi demikian lanjut sekda, memberikan dampak pada peringkat Innovation Government Award (IGA) yang dinilai setiap tahun oleh Kementrian Dalam Negeri.

“Saat ini Kabupaten Barito Kuala masih berada pada katagori daerah yang inovatif, namun masih berada pada urutan ke – 8 dari 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan,” terangnya.

Walaupun mengalami peningkatan dari tahun 2023 (peringkat 13), namun sebut sekda, masih sangat memerlukan perhatian kita semua. Terutama para pimpinan SKPD untuk lebih perduli dengan inovasi di SKPD masing – masing.

Sebenarnya, sambung sekda, di setiap SKPD banyak sekali potensi inovasi yang dapat dilakukan atau bahkan sudah dilakukan namun belum dikelola dan didaftarkan sebagai inovasi daerah.

“Saya berharap semua SKPD terus menciptakan berbagai program dan kegiatan serta kebijakan yang memiliki inovasi dalam hal tata kelola pemerintahan, pelayanan publik maupun berbagai inovasi lainnya sehingga memotivasi dan memacu kinerja birokrasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tandasnya.

“Dan dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas inovasi daerah kabupaten Barito Kuala, pada hari ini (Rabu) akan dilaksanakan bimbingan teknis kepada seluruh kepala SKPD dan Camat serta perwakilan organisasi lainnya. Agar ke depan dapat lebih memahami dan dapat menggunakan aplikasi SINOVARA BAKULA sebagai aplikasi untuk menjaring inovasi daerah, ” demikian Sekda Batola Zulkifli Yadi Noor.

Hadir dalam acara itu Kepala Bidang Inovasi, Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Kalsel Murwany Viviene Antang, Kepala Bappelitbang diwakili Kabid Litbang, pimpinan dan pejabat SKPD Batola,  Camat se-Barito Kuala, perwakilan dari Universitas dan Pelajar serta Perwakilan unsur dari Masyarakat (adv/A.A/Rnld/kominfo Foto: Dokpim)

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Karlie Hanafi : Ketersediaan Pupuk Persoalan Klasik Petani di Barito Kuala

Pj Bupati Apresiasi 57 Orang Termasuk Camat, Berhasil Turunkan Prevalesi Stunting,

Batola Terus Lakukan Upaya Penurunan Stunting, Digelar Audit Stunting Tahap I